Sambut HSN 2019, Ponpes Balekambang Jepara Adakan Roan Akbar

Sambut HSN 2019, Ponpes Balekambang Jepara Adakan Roan Akbar

Jepara (Pendis) - Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019 seluruh Pondok Pesantren seluruh Indonesia secara serentak menggelar Roan Akbar, Ahad (06/10/2019). Kegiatan ini mengangkat tema Jaga Hati Jaga Bumi.

Roan Akbar digelar berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama RI nomor 39 Tahun 2019 tentang Roan Akbar. Kegiatan ini dikemas dengan kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar, penanaman pohon di lingkungan pesantren atau lingkungan masyarakat sekitar.

Salah satu Pesantren yang menyelenggarakan Roan Akbar adalah Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Gemiring Lor Nalumsari Jepara. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh ustadz/ustadzah dan santri baik dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi.

Pengasuh Pondok Pesantren Balekambang Jepara M. Ali Syibromalisi, menyampaikan pentingnya akan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. "Dengan Roan Akbar berarti kita telah menjaga bumi, bumi yang telah kita tempati ini juga akan memberikan timbal balik kepada kita semua sesuai dengan apa yang kita perbuat," teran Ali Syibromalisi di Jepara, Ahad (06/09).

Pria yang biasa disapa Gus Lis menambahkan, saat ini Indonesia merupakan salah satu penghasil sampah plastik kategori tinggi di dunia. Sebanyak 87 persen dari 3,8 juta ton sampah plastik yang dibuang setiap tahun mengambang di laut. Keadaan menyedihkan tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sampah plastik terburuk di dunia.

"Saya berharap, dengan adanya deklarasi Roan ini, semoga hati kita terketuk untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, dan yang paling penting bisa istiqomah," harapnya.

Sebelum kegiatan roan dimulai, para santri dan juga seluruh ustadz/ustadzah berikrar yang isinya sebagai berikut;

Bismillahirrahmanirrahim
Kami Keluarga Besar Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang,
Kami Santri Nusantara,
Kami Santri Unggul, Intelek dan Berakhlaqul Karimah,

Dengan ini Kami berikrar akan menjalankan hidup bersih dimanapun kami berada, yakni :
1. Menjaga lingkungan Pondok Pesantren dengan membuang sampah pada tempatnya;
2. Menjaga dan merawat fasilitas umum di Pondok Pesantren;
3. Menjaga dan merawat fasilitas belajar di Pondok Pesantren.

Demi terciptanya lingkungan pondok yg bersih, sehat, indah, rapi dan tertib karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.
(BBQ/ M yani)


Tags: