Segera Digelar, Catat Tanggal Puncak Madrasah Fest 2023

Segera Digelar, Catat Tanggal Puncak Madrasah Fest 2023

Jakarta (Pendis) – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menyelenggarakan kegiatan Madrasah Fest 2023.

“Madrasah Fest 2023 merupakan Kegiatan festival keagamaan madrasah yang diselenggarakan dalam rangka membumikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang menjadi ciri khas madrasah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab,” ungkap Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Muhammad Isom di Jakarta, Selasa (18/07/2023).

Kegiatan festival keagamaan madrasah ini akan diikuti oleh siswa madrasah terbaik se-Indonesia. Isom juga mengatakan Kompetisi ini lahir dengan mengusung dan menyuarakan pendidikan agama moderat yang ada di madrasah. 
Kompetisi ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang ilmu keagamaan dan memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, ujarnya.

Selain itu, untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, juga memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.tutup Isom.

Kasubbag Tata Usaha, Arif Rahman menjelaskan bahwa Madrasah Fest 2023  digelar dengan “hybrid system, babak penyisihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom yang dilaksanakan pada tanggal 24-27 Juli 2023  dan babak final dilaksanakan  secara luring pada tanggal 10-13 Agustus 2023 mendatang di Hotel Atria Gading Serpong.  selanjutnya puncak festival madrasah  2023 dilaksanakan 13 Agustus 2023. 

“InsyaAllah gelaran ini memberikan dampak perubahan positif di lingkungan Madrasah dalam meningkatkan ghirah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama,”ucap Arif di Jakarta, Selasa (18/07/2023).

Arif membeberkan, cabang lomba dan pertandingan dalam Madrasah Fest 2023  terdiri dari Lomba keagamaan yang meliputi Lomba Memorizing Holy Qur’an (MHQ), Lomba Reciting Holy Qur’an (RHQ), Lomba Explaining Holy Qur’an (EHQ), Lomba Memorizing Hadits (MH), Lomba Reading Islamic Turats (RIT) dan Lomba Islamic Trending Issues Debate Contest. Di samping itu, juga digelar Lomba Festival yang meliputi Lomba Voice of Arabic Lomba Student Chef, Lomba Calligraphy,dan Lomba Creative Design Fest, pungkas Arif.


Tags: # madrasah