Direktur PAI, Amrullah memberikan arahan terkait persiapan PPKB GPAI tahun 2023

Direktur PAI, Amrullah memberikan arahan terkait persiapan PPKB GPAI tahun 2023

Tangerang (Pendis), Cakupan manfaat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam akan menjangkau puluhan ribu guru pada tahun 2023. Direktorat Pendidikan Agama Islam terus mematangkan desain pelaksanaan PPKB berbasis digital.

Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah menyatakan, guru PAI saat ini tidak boleh lepas dari transformasi ilmu pengetahuan terkait pembelajaran. Karenanya PPKB GPAI harus dibarengi dengan penguatan digital bagi para guru PAI.

“Dengan keterbatasan SDM pelatih yang ada dan jumlah guru yang sangat banyak, maka PPKB akan mengoptimalkan perangkat digital,” ujarnya dalam kegiatan Persiapan Pelaksanaan PPKB Tahun 2023 di Tangerang, Kamis, (9/3).

Amrullah menambahkan pelaksanaan PPKB akan menyesuaikan dengan regulasi baru dan kebutuhan guru abad 21. “Tim pusat PPKB harus bisa mengembangkan desain pelaksanaan yang adaptif dengan kebutuhan guru yang mutakhir termasuk juga perubahan regulasi," jelasnya. Regulasi saat ini lanjut Amrullah harus diikuti. Jika ada regulasi terkait pendidikan yang ditetapkan maka PPKB harus sesuai dengan kebijakan ini. “Dengan demikian, instrumen dalam pelatihan PPKB selalu update hingga nantinya kompetensi guru menjadi relevan,” ungkapnya.

Pria asal Banten ini menekankan bahwa PPKB harus juga harus memperhatikan kebutuhan guru PAI di masing-masing daerah. “Pelaksanaan PPKB mesti melihat kebutuhan guru. Bisa jadi setiap daerah memiliki kebutuhan dan keperluan yang berbeda misalnya di daerah perkotaan mungkin butuh penguatan spiritualitas. Di wilayah lain justru kurang dalam hal IT,” paparnya.

“Untuk itu dalam tahapan PPKB nantinya ada pemetaan kompetensi masing-masing guru," tambahnya.

Terkait dengan penjaminan mutu, Alumni UIN Jakarta ini menegaskan proses penjaminan mutu PPKB mesti dilaksanakan secara terencana. "Panjaminan mutu sangat penting agar memastikan PPKB dapat berjalan sesuai dengan tujuaannya yaitu peningkatan kompetensi guru yang berkelanjutan," ujarnya.

Amrullah berharap dengan skema pelaksanaan PPKB berbasis digital nantinya dapat menjangkau guru di semua wilayah. “Kita harapkan guru PAI di semua daerah dapat menikmati penguatan kompetensi,” pungkas pria yang juga mengawali karir sebagai guru ini.

Kasubbag TU Dit PAI, M. Firdiansyah menambahkan, tahapan PPKB GPAI dalam waktu dekat ini adalah Seleksi dan ToT Pelatih Daerah di 7 Provinsi. "Setelah semua daerah memiliki Pelatih Daerah akan dilanjutkan dengan Pemetaan Kompetensi secara online. Targetnya, pada bulan juli sudah mulai tahapan Bimtek PPKB kepada guru sasaran," jelasnya.

Kegiatan persiapan Pelaksanaan PPKB Guru PAI Tahun 2023 berlangsung pada tanggal 8-10 Maret 2023. Turut hadir sebagai peserta Tim Pusat PPKB, Perwakilan Pelatih Nasional PPKB, perwakilan PTP pada Direktorat PAI dan Tim Pengembang Sistem Aplikasi SIAGA. (kha)