Sejumlah Tokoh Nasional Akan Hadiri Malam Kebudayaan Pesantren

Sejumlah Tokoh Nasional Akan Hadiri Malam Kebudayaan Pesantren

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan mengelar Malam Kebudayaan Pesantren. Malam Kebudayaan akan digelar di Pesantren Asshiddiqiyah, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (28/09/2019).

Sejumlah tokoh nasional diagendakan hadir mengisi acara tersebut, diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Budayawan Prie GS, Direktur TV9 Hakim Jayli.

Selain itu akan hadir juga, Budayawan Sufi Candra Malik, Penyair Sosiawan Leak, tokoh milenial Inayah Wahid, Komedian Sakdiyah Makruf dan Panca Suca 4, Imam Safei, Staf Ahli menteri Agama Oman Fathurahman, Motivator kocak Roby Habibi, Al Fannan, dan iringan musik Home Band.

Malam Kebudayaan Pesantren tahun 2019 mengangkat tema Ngaji, Ngopi, Ngomedi. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk talkshow membumikan sastra di pesantren diselingi dengan penampilan puisi, stand up comedy, kisah lucu pesantren dan lantunan shalawat dan musik khas pesantren.

Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi menuturkan, gerakan kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren. "Seni dan satra sangat berpengaruh pada prilaku seseorang, sebab dapat mengekpresikan prilaku yang mengedepankan pesan-pesan keindahan, harmoni dan kemadaian," ujar Zayadi di Jakarta, Kamis (26/09).

Dikatakan Zayadi, Malam Kebudayaan Pesantren, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. "Kegiatan ini menjadi ikhtiar Kemenag dalam melestarikan khazanah pesantren yang telah tumbuh selama berabad-abad, khususnya di bidang kebudayaannya," pungkasnya.

(M Yani)


Tags: