Seminar Internasional Pesantren dalam Rangka Merespons Tantangan Global

Seminar Internasional Pesantren dalam Rangka Merespons Tantangan Global

Tangerang Selatan (Pendis) - Di tengah derasnya arus informasi dan globalisasi yang menyebabkan krisis identitas dan budaya bangsa Indonesia di kalangan akar rumput, Kementerian Agama menyelenggarakan lokakarya dan seminar internasional tentang studi pesantren (International Seminar on Pesantren Studies/ISPS) yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu Senin-Rabu (20-22/11) di ICE BSD City, Kota Tangerang Selatan. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian agenda Pameran Pendidikan Islam Internasional (International Islamic Education Expo/IIEE) yang akan digelar sejak Selasa hingga Jumat (21-24/11) esok.

Ahmad Zayadi, selaku Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, menjelaskan seminar ini diselenggarakan untuk memetakan tantangan global yang dihadapi pesantren dewasa ini. Selain itu, tujuan seminar diarahkan untuk mencari formulasi peran strategis di tengah arus teknologi informasi, pergeseran budaya, dan memperkuat kelembagaan pesantren dalam memperkokoh institusionalisasi pendidikan untuk mencerdaskan manusia Indonesia seutuhnya.

Seminar yang bertemakan, "Peran Pesantren dalam Menghadapi Tantangan Global: Upaya Memperkuat Tafaqquh Fiddin dan Membangun Peradaban Bangsa", akan menghadirkan pembicara dari berbagai bidang, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Antara lain, KH. Ahmad Mustofa Bisri (Pengasuh PP Roudlotut Tholibin, Rembang), Anwar Abbas (Ketua PP Muhammadiyah), KH. Masdar Farid Mas`udi (Ketua PBNU), Kamaruddin Amin (Direktur Jenderal Pendidikan Islam), Syekh Muhammad Hasan Hito (Direktur Pusat Studi Ilmu Keislaman Internasional), dan Syekh Salim Alwan (Mufti Darul Fatwa Australia). Selain itu, turut hadir Abd. A`la (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya), Amich Alhumami (Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS), dan Noor Achmad (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI). [az/dod]


Tags: