Sesditjen Pendis: Peserta DELSMA Adalah Duta Kemenag di Jerman

Sesditjen Pendis: Peserta DELSMA Adalah Duta Kemenag di Jerman

Jakarta (Pendis) - Sekretaris Ditjen Pendis memberikan pembekalan terhadap peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi akademik dan akan diberangkatkan untuk mengikuti program Development Of Library System Management (DELSMA) di Jerman.

"Kami mengucapkan selamat terhadap para peserta yang lolos administrasi dan akan mengikuti program DELSMA selama 9 hari di Jerman," ujar Moh. Isom Yusqi di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Minggu (11/12). Isom menyampaikan bahwa kegiatan Delsma bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pustakawan.

"Kita ingin agar tidak hanya jabatan fungsional dosen yang menjadi pilihan di lingkungan PTKI, tapi jabatan fungsional pustakawan juga merupakan profesi yang membanggakan karena merupakan elemen penting bagi kemajuan PTKI. Untuk itu peningkatan kapasitas pustakawan menjadi sebuah keharusan," ungkapnya.

Ia berpesan kepada 10 pustakawan yang akan berangkat ke Cologne, Jerman agar waktu dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Saya berpesan agar waktu 9 hari dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah ilmu kepustakawanan, mencari wawasan baru dan pengalaman untuk dibawah pulang guna perbaikan di PTKI masing-masing," ujarnya

Isom juga mengingatkan bahwa peserta Delsma merupakan Duta Indonesia dan juga duta Kementerian Agama. "Sebagai duta Indonesia harus menunjukkan bahwa kita adalah warga dunia yang siap bersaing dimanapun berada dan mempunyai kualitas secara global. Sementara sebagai duta Kemenag kita perlu mengamati interaksi keberagaman, hubungan antar etnis, dan cara beragama sebagai bagian studi banding. Ini sesuai dengan misi utama Kemenag yaitu meningkatkan kerukunan dan penghayatan keagamaan, pungkasnya. (ogie/dod)


Tags: