Siswa Berprestasi Diprioritaskan ke Perguruan Tinggi

Siswa Berprestasi Diprioritaskan ke Perguruan Tinggi

JAKARTA, (PRLM).- Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali mengatakan siswa madrasah aliyah negeri berprestasi peraih medali olimpiade akan mendapat prioritas untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang mereka inginkan.

"Tidak ada alasan kesulitan biaya, karena ada beasiswa," kata Muhammad Ali disela-sela menerima delapan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong di Kantor Kementerian Agama, Senin (19/9).

Menurut Muhammad Ali, Kementerian Agama akan mendorong dan memprioritaskan siswa-siswa madrasah yang berprestasi itu untuk dapat mengenyam pendidikan lebih tinggi. Pihak Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementeriaan Nasional untuk mewujudkan impian siswa madrasah yang berprestasi tersebut. Kementerian Agama pun menjamin siswa berprestasi itu bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang diinginkannya.

Ia menceritakan pengalamannya tahun lalu bahwa ada siswa madrasah berprestasi yang tercecer tidak masuk perguruan tinggi. "Setelah kita ajukan ke Mendiknas...Alhamdulillah bisa masuk ke UGM, perguruan tinggi yang dia inginkan," katanya.

Adapun siswa MAN Insan Cendikia Serpong yang meraih prestasi Olimpiade Sains Nasional 2011 di Manado dan diterima Menteri Agama Suryadharma Ali dan Dirjen Pendis Muhammad Ali. Olimpiade Sains Nasional 2011 digelar 11-16 September di Manada.

Mereka terdiri dari tiga peraih emas dan lima peraih perak. Mereka itu adalah Ahmad Faizi Ibadurrahman (peraih emas bidang kimia), Gianluigi Grimaldi Maliyar (emas astronomi), M. Aji Muharram (emas komputer). Lima peraih perak lainnya yaitu Parangeni Muhammad (biologi), Pyan Putro Surya A.M (ekonomi), M. Aulia Rachman (ekonomi), Saefudin Juhri (kebumian) dan M. Nabil Satria Faradis (astronomi).

Kepala MAN Insan Cendikia Ahmad Hidayatullah mengatakan pihaknya telah aktif mengirimkan siswa didik untuk berkompetisi di olimpiade sains sejak 2007 sampai sekarang ini. Dalam kurun waktu itu, MAN bisa meraih emas.


Tags: