Tiga siswa MAN Insan Cendekia Bangka Tengah peraih peringkat 1, 2, dan 3 Olimpiade Bahasa Arab.

Tiga siswa MAN Insan Cendekia Bangka Tengah peraih peringkat 1, 2, dan 3 Olimpiade Bahasa Arab.

Bangka Tengah (Pendis)-- Tiga siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah memborong juara Olimpiade Bahasa Arab ke-5 tingkat Provinsi Bangka Belitung. Ketiga siswa tersebut akan mewakili Provinsi Bangka Belitung pada ajang Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Nasional pada 2 November 2022 di Jakarta.

Pembukaan kegiatan olimpiade dihadiri oleh Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, Hery Haryono, Kepala Cabang Dinas Wilayah 1, Sjamsul Bahari, dan Ketua Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Bangka Belitung Johan.

Dalam sambutannya, Hery  mengatakan, bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung akan mendukung dan memberi peluang yang sama bagi siswa maupun santri untuk mempelajari Bahasa Arab.

“Kami akan berupaya untuk menganggarkan kegiatan Olimpiade Bahasa Arab pada tahun-tahun yang akan datang melalui APBD Provinsi Bangka Belitung,” Ujar Kabid SMA dalam Kegiatan Olimpiade Bahasa Arab tingkat Provinsi Bangka Belitung di SMA Negeri 3 Pangkalpinang, Rabu (03/09/2022)

Afdal Yasir, peraih juara 1 mengatakan bahwa ia sudah melakukan persiapan sejak lama untuk mengikuti kegiatand yang diiikuti perwakilan dari 13 SMA/SMK/MA yang menjadi pemenang tingkat kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

“Untuk mengikuti lomba ini, kami sudah melakukan persiapan cukup lama sejak beberapa minggu yang lalu. Tentunya, kami belajar prediksi soal-soal yang biasa diujuikan saat olimpiade,” kata Siswa MAN IC Bangka Belitung.

Sementara itu,  siswa MAN IC lainnya, Rionaldo Handika  yang meraih juara 2 menyebutkan bahwa ada kebanggaaan di dalam diri ketika mampu mempersembahkan piala untuk MAN Insan Cendekia Bangka Tengah.

“Semua ini tidak akan tercapai tanpa adanya keridaan Allah Swt. dan pembimbing yang telah membagikan ilmu yang luar biasa kepada kami.” ujar Rionaldo

Sedangkan Mutiara Salsabila yang meraih peringkat 3 berharap bahwa langkah prestasi mereka tidak hanya berhenti di tingkat Provinsi Bangka Belitung, melainkan juga dapat memboyong pulang piala di tingkat nasional.

Menurut Pembina Ekstrakulikuler Arabic Club  MAN IC Bangka Tengah, Aflah Surur mengatakan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan seleksi tingkat madrasah untuk memilih peserta lomba. Hal itu dilakukan untuk membangkitkan semangat berkompetisi di antara para siswa.

“Selain sebagai mata pelajaran, di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah ada kegiatan ekstrakulikuler dan program OSIM untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Dari kegiatan-kegiatan tersebut, para siswa terbiasa menggunakan Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa percakapan di MAN Insan Cendekia Bangka Tengah selain Bahasa Indonesia dan Inggris,” papar Guru Bahasa Arab.

Kepala MAN Insan Cendekia Bangka Tengah, Musran mengungkapkan kebahagiaan dan apresiasi terhadap pencapaian siswa dan pembimbing dalam Olimpiade Bahasa Arab.

“Saya sangat mengapresiasi pencapaian prestasi ini. Para siswa dan pembimbing telah berjuang dan berlatih sungguh-sungguh dengan iringan doa civitas academica MAN Insan Cendekia Bangka Tengah.” kata mantan Kepala MAN 1 Bangka.

Eks kepala MTs Negeri 1 Bangka menambahkan, bahwa selalu mendukung dan berupaya memfasilitasi kegiatan positif yang dapat mengembangkan bakat dan kemampuan siswa melalui perencanaan dan pelaksanaan yang matang terhadap program-program unggulan MAN IC Bangka Tengah.

“Program-program yang disusun oleh MAN Insan Cendekia Bangka Tengah adalah program yang membuka peluang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri di antaranya kemampuan Bahasa Arab.” tukas alumni UIN Raden Fatah Palembang

Lebih lanjut,  Kepala Madrasah menyebutkan akan memberi dukungan penuh bagi para siswa yang akan berlaga pada ajang nasional agar dapat mengharumkan nama Provinsi Bangka Belitung.