Penandatanganan Kerjasama UIN Saizu dengan SPN Polda Jateng

Penandatanganan Kerjasama UIN Saizu dengan SPN Polda Jateng

Purwokerto (Pendis) – Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (SAIZU) Purwokerto melakukan kerjasama dengan Sekolah Polisi Negera (SPN) Polda Jawa Tengah. Peresmian kerjasama ini di tandai dengan penandatanganan naskah kerjasama oleh Kepala SPN Polda Jateng dan Rektor UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada Senin, (17/10).

Rektor UIN SAIZU, Moh. Roqib menuturkan ruang lingkup kerjasama ini meliputi Penyelenggaraan Pendidikan, Pengabdian Masyarakat, Penelitian dan publikasi ilmiah; Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, penyediaan tenaga ahli, seminar, lokakarya dan diskusi kelompok terarah; Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; dan Bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

“Saya harap, dengan adanya kerjasama ini mampu memberikan manfaat kepada para pihak yang bekerjasama, stakeholder serta masyarakat pada umumnya,” ujar Rektor.

Rektor menyampaikan UIN SAIZU telah bertransformasi dari institut ke univiersitas, perbedaannya adalah adanya  integrasi keilmuan. Istilah yang disebut, kata Roqib, jabalul hikmah. Jabalul  itu gunung, hikmah adalah kebajikan.  

“Kenapa menggunakan istilah jabalul/gunung, karena kota disekitar gunung slamet, semuanya menggunakan symbol gunung,” terang Moh. Roqib. 

Menurut Roqib, yang dibangun bukan hanya ilmu secara dhohir atau yang nampak, namun juga memberikan keilmuan secara batiniyah melalui hikmah/kebajikan. Bukan hanya sekedar berilmu namun juga mereka juga memiliki daya spirtualitas tinggi terhadap tuhan yang maha esa.

Mereka yang mampu mengintegrasikan antar keilmuan, bukan saja Islamic studies saja, tapi juga mendasarkan pengembangan keilmuan itu, dasar teori ajaran agama, alquran maupun hadits menjadi basic dari keilmuannya,” tegasnya.

Kaitanya dengan integrasi integritas, lanjut Roqib, kalau yang pertama tadi integrasi keilmuan, maka yang kedua adalah integritas moral, komitmen terhadap kejujuran kaitannya dengan nasionalisme, persaudaraan dan seterusnya.

“Hal ini yang selalu kita koordinasikan selama ini, karenanya terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak Ka SPN yang menyelenggarakan MoU pada hari ini semoga ini menjadi bagian dari tonggak sejarah. Untuk bersama-sama mewujudkan tujuan dari kerjasama ini dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Sementara Kepala SPN Polda Jateng, Sarif Rahman menyampaikan kerjasama ini merupakan amanat dari Lemdiklat Polri untuk mewujudkan kampus unggulan,  Salah ciri dari kampus unggulan adalah adanya  kerjasama dengan stakeholder. Ini dalam rangka meningkatkan kapasitas siswa dan tenaga pendidik.

“Kerjasama dengan UIN SAIZU salah satu nanti realisasinya adalah kami ada program latihan untuk para polisi yang telah berdinas terutama para Babinkamtibmas, mereka kita panggil lagi untuk meningkatkan kemampuannya,” katanya.

“Babinkamtibmas ini tugasnya berinteraksi dengan masyarakat, maka penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman tentang agama dan landasan beragama,” sambungnya.

Bertempat di Gedung Subarkah, turut hadir dalam penandatanganan kerjasama, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Wijaya Kusuma, Kodim 07/01 Banyumas, Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas. (Rd)