Teknis Penjaringan Mahasiswa PTN tidak Berubah

Teknis Penjaringan Mahasiswa PTN tidak Berubah

SOLO, (PRLM).- Ketua Panitia Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, tahun 2015, Prof. Dr. Sutarno, mengungkapkan, secara teknis penjaringan calon mahasiswa melalui jalur tersebut tidak ada perubahan. Namun, berdasarkan evaluasi Panitia Nasional SNMPTN terhadap pelaksanaan SNMPTN sebelumnya, ada beberapa hal yang diperbaiki, di antaranya portofolio bagi beberapa program studi.

"Terutama untuk portofolio program studi olahraga dan seni berdasarkan prestasi calon mahasiswa dan harus mencerminkan kondisi yang sesungguhnya. Jangan sampai seperti tahun-tahun sebelumnya, ada portofolio calon mahasiswa tercantum melebihi prestasi nasional," ujarnya kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (26/1/2015).

Didampingi Sekretaris Eksekutif SNMPTN UNS, Prof. Dr. Sunardi, Pembantu Rektor I UNS itu menjelaskan, tahun 2015 ini UNS mendapat kuota mahasiswa baru sebanyak 5.490 orang.

Dari kuota tersebut, mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 2.745 orang atau separuh dari total kuota. Sedangkan sisanya yang 30 persen disaring melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 20 persen lagi melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPT).

"Persyaratan dan prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Khusus dalam jalur SNMPTN, pendaftaran juga tetap gratis dan calon mahasiswa yang bisa mendaftar hanya lulusan tahun 2015 saja," katanya.

Prof. Sutarno menambahkan, selain lulusan SMA jurusan sains dan teknologi maupun jurusan ilmu sosial, para lulusan SMK juga dapat mendaftar, termasuk jalur SNMPTN. Namun dia mengingatkan, agar dapat diterima melalui jalur SNMPTN hendaknya calon mahasiswa memilih program studi sesuai dengan bidangnya.

"Misalnya lulusan SMK bidang seni seharusnya masuk program studi senirupa. Sedangkan calon mahasiswa jalur SNMPTN sebaiknya tidak memilih silang jurusan, seperti jurusan sosial budaya ke jrurusan matematika ilmu pengetahuan alam. Sebab dalam nilai rapor yang dijadikan acuan seleksi tidak ada mata pelajaran yang sesuai," ujarnya lagi.

Sambil menambahkan, saat ini proses SNMPTN baru pada tahap pendaftaran pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) yang akan berakhir 8 Maret 2015. (Tok Suwarto/A-88)***


Tags: