Peserta Kontingen OASE IAIN Padangsidimpuan sedang mempresentasikan Teleskop Sederhan

Peserta Kontingen OASE IAIN Padangsidimpuan sedang mempresentasikan Teleskop Sederhan

Banda Aceh (Pendis)-- Teleskop karya mahasiswa IAIN Padangsidimpuan sukses mencuri perhatian pengunjung di stan Karya Inovasi Astronomi/ Ilmu Falak pada Pameran Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (Oase) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)-I di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Beberapa pengunjung memberi perhatian lebih pada hasil karya Putri Suci Wibowo, Fahroji Harahap, dan Syarif Maarij Sirait ini.

Seirang pengunjung dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Teuku Raisoel, menyampaikan apresiasi atas karya kreatif ini. Hal senada juga disampaikan Rahmat Sauki, mahasiswa UIN Ar-Raniry. Menurutnya karya ini sebenarnya sederhana namun banyak manfaat.

Teleskop ini berbentuk tabung panjang, terbuat dari pipa besi. Di dalamnya terdapat lensa-lensa yang disusun sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai cermin pembesar obyek. Teleskop ini cukup ringan dan mudah dibawa kemanapun.

“Alat ini memiliki daya fokus tinggi yang bisa diatur sesuai jarak obyek," kata Fahroji Harahap, seorang pengunjung dari Jurusan Hukum Tata Negara.
 
Pembimbing lomba Karya Inovasi Astronomi/ Ilmu Falak IAIN Padangsidimuan, Putri Rohan merasa senang dengan banyaknya peminat teleskop yang dibuat secara indie ini. 
“Alhamdulillah saya senang, tadi sudah diperesentasikan  di hadapan dewan juri dan ternyata menjadi pembicaraan di kalangan juri maupun pengunjung," katanya.