UIN Ar-Raniry Teken Kerja Sama PPG dengan Enam Kabupaten/Kota di Aceh

UIN Ar-Raniry Teken Kerja Sama PPG dengan Enam Kabupaten/Kota di Aceh

Banda Aceh (Kemenag) --- Sebanyak enam kabupaten dan kota di Aceh melakukan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, terkait Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pendantanganan kerja sama tersebut berlangsung di Ruang Sidang Rektor UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (13/5/2024), yang dilakukan oleh Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Safrul Muluk bersama Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), dan Kasie PAI dari 6 Kabupaten dan Kota di Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman dalam sambutannya menekankan pentingnya MoA ini sebagai komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas PPG di Aceh. Ia juga menyoroti perlunya evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan program ini, dengan harapan agar semua guru yang mengikuti PPG dapat lulus 100%.

“LPTK UIN Ar-Raniry, yang bertugas melakukan sertifikasi guru, selalu dievaluasi oleh DIKTIS. Namun, hasil evaluasi beberapa tahun terakhir masih di bawah 90%. Di sisi lain, banyak guru dari kalangan rakyat kecil gagal dalam PPG, maka Menteri Agama berharap semua peserta PPG bisa lulus 100%,” ungkap Mujib.

Sementara itu, Kabid. PAI Kanwil Kemenag Aceh, H Khairul Azhar, mengapresiasi langkah percepatan yang diambil oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Ar-Raniry dalam menyelenggarakan PPG tersebut.

“Kami mengapresiasi prosesi percepatan yang dilakukan oleh LPTK UIN Ar-Raniry ini, kami juga mengajak para Kadisdikbud serta Kasie PAI di daerah-daerah terkait untuk memberikan keringanan kepada guru yang mengikuti PPG agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik,” ungkap Khairul Azhar.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry, Safrul Muluk, melaporkan bahwa penandatanganan MoA ini dilakukan oleh para pemangku kepentingan terkait dari 6 kabupaten dan kota di Aceh, meliputi Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Sabang, Pidie Jaya, dan Aceh Singkil.

“Kami berharap pelaksanaan PPG tahun 2024 ini dapat berjalan lancar. Kerja sama antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan guru,” ujar Safrul.

Turut hadir, Wakil Dekan I FTK UIN Ar-Raniry, Habiburrahim serta Ketua PPG LPTK UIN Ar-Raniry, Saifullah Maysa, bersama sejumlah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan serta Kasie PAI dari Kabupaten dan Kota yang terlibat.

Penandatanganan MoA ini diharapkan menjadikan program PPG PAI di UIN Ar-Raniry dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di daerah tersebut, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan guru, serta sebagai komitmen bersama untuk mendukung perkembangan pendidikan di Aceh. []