Pimpinan UIN Mahmud Yunus Bersama Peserta PPG

Pimpinan UIN Mahmud Yunus Bersama Peserta PPG

Batusangkar (Pendis) – Dipenghujung tahun 2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar kembali kukuhkan 167 Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 2 Tahun 2023.

Sebanyak 167 Guru Profesional ini yang tersebar di 13 Provinsi di Indonesia antara lain, Sumatera Barat 45 orang, lampung 10 orang, kepulauan Riau 7 orang, Jawa Barat 12 orang, Aceh 18 orang, Babel 4 orang, Jawa Tengah 3 orang, Sumut 10 orang, Riau 5 orang, Jambi 8 orang, Banten 1 orang, Jatim 1 orang dan Provinsi Sumatera Selatan 43 orang.

Pengukuhan yang digelar diauditorium kampus I UIN Mahmud Yunus Batusangkar (Jum’at 29/12/2023), yang dikukuhkan langsung oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor I Dr. Ridwal Trisoni, dengan mengambil tema “Mewujudkan Guru Profesional yang  Berkarakter, Moderat, Inovatif, dan Kolaboratif”

Dr. Ridwal Trisoni, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada peserta lulusan PPG yang dikukuhkan hari ini, ia juga berharap agar nantinya para lulusan dapat memberi pencerahan bagi pendidikan dan peradaban di Indonesia.

Lebih lanjut, Ridwal Trisoni juga mengungkapkan jadilah guru yang betul-betul guru profesional yang mampu melaksanakan tugas jabatannya secara mumpuni, baik secara konseptual maupun aplikatif, setiap guru harus mampu memiliki kompetensi yakni, Komptensi Profesional, Sosial, Kepribadian dan Cakap Digital.

Para guru profesional yang dikukuhkan hari ini harus memiliki Networking Skill, Communication Skill, Thinking Skill, Leterasi Digitas dan Management knowledge. Sehingga akan mampu menjadi awal dimana kompetensi kita, kepiawaian kita dalam membimbing siswa kita serta membentuk karakter mereka menjadi lebih baik baik.

Senada dengan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prof. Suswati Hendriani, selamat dan sukses atas pencapaian sebagai guru professional, dalam jabatan Batch 2 tahun 2023. mulai hari ini bapak-ibu resmi dan berhak menyandang gelar guru profesional dan berhak pula mendapatkan hak-haknya.

Semoga setelah dikukuhkan, para guru profesional ini benar-benar melaksanakan perubahan yang berarti dalam proses pembelajaran, seperti beralih dari dominasi guru menjadi berbasis siswa dimana siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. “tutur Prof. Suswati”

"Kelulusan ini perlu disyukuri, oleh karena itu tingkatkan kinerja, tingkatkan kualitas, dan tingkatkan profesionalitas, karena dengan tiga hal itu pendidikan di sekolah dan madrasah akan lebih baik, karena di tangan bapak ibu lah karakter pendidikan akan lebih baik di masa depan,” pesannya.

Sementara itu Wakil Dekan I Dr. Fadriati, sekaligus penanggung jabab PPG pada FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar, menyampaikan peserta yang dikukuhkan dalam jabatan Batch 2 Tahun 2023 secara luring dan daring. (doni)