Ujian Tertulis SNMPTN Serentak pada 31 Mei dan 1 Juni 2011

Ujian Tertulis SNMPTN Serentak pada 31 Mei dan 1 Juni 2011

JAKARTA, CyberNews. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 melalui ujian tertulis akan dilaksakan serentak pada 31 Mei dan 1 Juni 2011, ada pula jalur undangan yang dulu bernama penelusuran minat dan kemampuan.

Ada 60 perguruan tinggi negeri akan menerima mahasiswa baru melalui jalur undangan.

Ketua Umum Panitia SNMPTN, Herry Suhardiyanto kepada wartawan, Rabu (12/1), di Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, mengatakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan berdasarkan prestasi akademik dengan melihat nilai rapor dan prestasi lainnya, termasuk nilai ujian nasional.

Karena ujian nasional (UN) menjadi pertimbangan, siswa yang tidak lulus UN akan kehilangan kesempatannya meski sudah mendapat undangan.

Untuk mengisi kursi kosong tersebut, perguruan tinggi negeri (PTN) diberi kesempatan mengisinya dari hasil seleksi mandiri yang ditetapkan berjumlah 40 persen dari total daya tampung mahasiswa baru.

"Oleh karena itu, seleksi mandiri didorong setelah SNMPTN," kata Herry.

Calon mahasiswa diperbolehkan memilih dua PTN dan tiga program studi di setiap PTN. Dari 200.000 total daya tampung PTN tahun ini, sekitar 120.000 akan diterima melalui jalur tertulis dan keterampilan dan jalur undangan. Sisanya, PTN diperbolehkan melakukan seleksi melalui jalur mandiri.

Terkait dengan sejumlah PTN yang hendak melaksanakan ujian mandiri sebelum SNMPTN, Herry mengatakan, "Kami pada posisi mengimbau dan mengajak para rektor agar bersedia memenuhi jadwal SNMPTN," ujarnya.

Biaya pendaftaran untuk jalur undangan sebesar Rp 175.000, jalur ujian tertulis/keterampilan sebesar Rp 150.000 (kelompok IPA atau IPS), dan Rp 175.000 (kelompok IPC) serta Rp 150.000 untuk ujian keterampilan per peserta untuk setiap ujian.

"Calon mahasiswa mengakses situs SNMPTN untuk mendaftar di mana saja melalui jaringan internet. Pembayaran juga bisa dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri, seperti ATM, internet banking, dan SMS banking," kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi.

Informasi selengkapnya kunjungi di situs www.snmptn.ac.id atau melalui akun twitter: @snmptn2011 atau Panitia Pelaksana SNMPTN 2011 di Gedung Rektorat IPB lantai 2 Kampus IPB Dermaga, Bogor, Jawa Barat. Bisa juga melalui call center 08041-450-450 dan e-mail: panitia@snmptn.ac.id.


Tags: