Undip Beri Keringanan Mahasiswa Miskin

Undip Beri Keringanan Mahasiswa Miskin

SEMARANG-Universitas Diponegoro (Undip) memberikan keringanan biaya kuliah dan sumbangan pengembangan manajemen pendidikan (SPMP) bagi para mahasiswa baru dari kalangan miskin, baik yang mendaftar melalui jalur undangan maupun jalur tertulis atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) mendatang.
"Bagi para calon mahasiswa miskin Undip yang telah diterima lewat jalur undangan beberapa waktu lalu, segera melakukan daftar ulang di kampus Undip Tembalang setiap hari pada jam kerja. Semata-mata agar mudah pendataannya," kata Rektor Undip Prof Sudharto Prawata Hadi MES PhD, kemarin.

Menurut dia, pemberian keringanan kepada para mahasiswa miskin merupakan komitmen Undip dalam memajukan pendidikan yang berkeadilan dan menjangkau lapisan masyarakat ekonomi rendah. Terlebih, Kementerian Pendidikan Nasional telah memberikan rambu-rambu agar setiap PTN memperbanyak menerima siswa miskin, paling tidak mencapai 20% dari total mahasiswa.

Waktu pendafataran ulang, ujar Sudharto, dibuka hingga 27 Mei. Kemudian dilanjutkan dengan tes penjajakan 31 Mei dan 1 Juni, termasuk bagi calon mahasiswa non-miskin. Terkait persyaratan yang harus disiapkan para calon mahasiswa miskin, yakni permohonan keringanan melalui surat permohonan tertulis yang ditujukan kepada Pembantu Rektor II Undip. "Tentunya disertai dengan surat keterangan tidak mampu dari aparat setempat yang berwenang, fotokopi PBB, rekening listrik atau PDAM," lanjutnya.

SPP Lebih Rendah

Meski Undip memberikan keringanan biaya kuliah bagi para mahasiswa baru yang miskin, bukan berarti kemudian biaya kuliah bagi para siswa mampu, dinaikkan.
Bahkan kecenderungannya, menurut Sudharto, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, besaran uang SPP dan SPMP tahun ajaran 2011/2012 relatif lebih rendah.

Terlebih jika dikaitkan dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan Undip kepada para mahasiswa, yang kini semakin baik. "Banyak penambahan fasilitas baru, termasuk perlengkapan laboratorium dan pembelajaran lain yang sangat mendukung peningkatan kualitas lulusan," ujar dia.
Khusus bagi mahasiswa miskin, pihaknya kembali mewanti-wanti agar segera memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Sebab, kesempatan tidak datang dua kali. "Ini juga membuat para mahasiswa baru miskin segera mendapat kepastian untuk menjadi mahasiswa Undip."

Rektor menambahkan, besaran uang SPP, uang SPMP, uang praktikum, dan uang pengembangan institusi tahun akademik kali ini bagi 11 fakultas yang ada, memang bervariasi. Namun tidak mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun akademik sebelumnya. "Untuk besaran jumlah uang SPMP, tiap fakultas bisa dilihat di laman www.undip.ac.id," imbuhnya. (H70-75)


Tags: