UNS Siap Terima 2.745 Mahasiswa Baru

UNS Siap Terima 2.745 Mahasiswa Baru

SOLO (KRjogja.com) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 akan merima 2.745 mahasiswa baru. Hal ini disampaikan Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD kepada wartawan, Senin (26/01/2015).

Jumlah itu separoh dari daya tampung UNS 5.490 kursi. Dalam peneriman mahasiswa baru, selain SNMPTN juga akan disaring melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Jalur Mandiri Parguruan Tinggi (UMBPT).

Dijelaskan, pendaftaran SNMPTN masih gratis seperti tahun lalu dan hanya boleh diikuti siswa lulusan tahun 2015. Siswa dari jurusan Matematika Ilmu Alam (MIA) hanya bisa memilih bidang Sains dan Teknologi, sedangkan Ilmu Sosial (IS) hanya bisa memilih prodi bidang Sosial dan Humaniora. "Sebab SNMPTN berdasarkan nilai rapor, ungkap Sutarno yang didampingi Sekretaris Eksekutif Prof Dr Sunardi.

Untuk mengikuti SNMPTN sekolah harus melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dari 22 Januari hingga 15 Maret. Tanpa mengisi PDSS, siswa tidak bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN yang dibuka17 Februari hingga 7 April. UNS akan melakukan sosialisasi pengisian data PDSS pada Rabu (28/1) dengan mengundang guru, kepala sekolah serta dinas pendidikan.

Ditambahkan, setiap peserta SNMPTN boleh memilih maksimal tiga prodi di dua PTN namun satu di antaranya harus berada di provinsi yang sama dengan lokasi SMA/SMK. Adapun jika hanya memilih satu PTN, pilihannya boleh di provinsi mana saja. (Qom)


Tags: