Wakil Menteri, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA Buka PWN XII di Bengkulu

Wakil Menteri, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA Buka PWN XII di Bengkulu

Bengkulu (Diktis) - Hadir di tengah-tengah sekitar 2.000 peserta Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PWN-PTAIN) XII Tahun 2014 di Bumi Perkemahan Fatmawati Bengkulu, Rabu (14/5), Wakil Menteri Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA membuka acara tersebut ditandai dengan pemukulan beduk.

Dalam sambutannya, Wamenag mengajak semua pihak untuk mendukung penuh program revitalisasi Gerakan Pramuka yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia tahun 2006 yang lalu. "Kepramukaan sangatlah positif bagi pengembangan generasi muda Indonesia, baik soft skill maupun hard skill-nya" kata Nasaruddin.

Menurutnya Perkemahan Wirakarya Nasional PTAI ke-12 merupakan aksi nyata Kementerian Agama RI dalam mengisi program revitalisasi Gerakan Pramuka 2006 tersebut. Melalui perkemahan ini fungsi pendidikan tinggi sebagai wahana pengembangan watak bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat terlaksana secara simultan. Bahkan aspek pengabdian kepada masyarakat justeru mendapatkan momentum implementasinya secara baik melalui pendekatan community organizing and development.

Ikut hadir pada acara pembukaan PWN XII PTAI ini, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Kwarnas Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault SH, Msi, Direktur Diktis Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Direktur Pontren Dr. H. Ace Saufuddin, MA serta pimpinan PTAIN se-Indonesia, dan pimpinan daerah Provinsi Bengkulu.

Wamenag juga mengatakan, bahwa Tri Bina Gerakan Pramuka yang mengutamakan pengembangan masyarakat dan Tri Dharma Perguruan Tinggi mengutamakan aspek akademik dan ilmiah menjadi model integrasi yang dapat mengoptimalkan kecerdasan ganda SESOSIF, yakni kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelegentia dan Fisikal.

Sementara itu, Kwarnas Adhyaksa Dault memandang positif kegiatan PWN XII PTAI ini yang mengabungkan perkemahan dan konsep homestay yang memungkinkan pramuka untuk melakukan pengabdian pada masyarakat. mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini juga menyampaikan terimakasih atas peran Kemenag dalam menumbuhkembangkan pramuka di lembaga pendidikan di bawah binaan Kemenag.

Gubernur Bengkulu juga menyambut baik kegiatan PWN-PTAIN XII ini. Diawal sambutannya beliau memberikan apresiasi yang tinggi untuk civitas akademika IAIN Bengkulu yang baru berusia satu tahun namun sudah bisa menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional.

Acara PWN-PTAIN XII tahun 2014 ini, dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan seni budaya bengkulu dan dilanjutkan dengan panandatanganan prasasti peresmian gedung rektorat IAIN Bengkulu. (P2Y)

Sumber: http://diktis.kemenag.go.id


Tags: