Wamenag saat menyampaikan arahan pada Raker UIN Mataram

Wamenag saat menyampaikan arahan pada Raker UIN Mataram

Mataram (Pendis) - Universitas Islam Ngeri (UIN) Mataram yang berada  di bawah Kementerian Agama, harus bisa menjaga dan meneruskan prestasi yang dicapai Kementerian Agama hari ini. 

Kemenag menjadi kementerian yang diperhitungkan dibuktikan dengan banyak sekali penghargaan diberikan dan menjadi  contoh kementerian yang paling harmonis. Semua ini capaian yang hebat dan fenomenal bagi Kemenag.

Demikian ditegaskan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki saat menghadiri sekaligus memberikan pembinaan Rapat Kerja Pimpinan UIN Mataram tahun 2024 di Hotel Grand Legi Mataram, Kamis (29/02/2024).

Wamenag menyampaikan dengan berbagai penghargaan yang dicapai tersebut menjadi  penyemangat untuk melakukan sebuah loncatan yang lebih tinggi lagi. Tidak terkecuali pada PTKIN yang menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Hal ini terlihat diberbagai event pelaksanaan kegiatan PTKIN yang mengadopsi sistem modern tanpa meninggalkan kaedah agama.

Berbagai inovasi dilakukan untuk kemajuan Kemenag, lanjutnya, termasuk mekanisme Rakernas Kemenag 2024 yang berbeda dari sebelumnya yang menitik beratkan pada sebuah komitmen yaitu semua pimpinan Unit Eselon I menandatangani Pakta Integritas untuk membuat program yang berdampak luas bagi masyarakat dan harus dilaksanakan. 

"Bila tidak mampu melakukan maka harus siap dicopot dari jabatannya," tegas Wamenag.

Wamenag menuturkan, program-program yang tercantum dalam Pakta Integritas tersebut merupakan hasil dari diskusi yang dilaksanakan sepanjang Rakernas Kemenag 2024. Dari itu Wamenag tegaskan bahwa Reker UIN Mataram hari ini bagian dari Rakernas sehingga mesti mengacu pada Rakernas juga.

Wamenag optimis seluruh jajaran UIN Mataram dapat melaksanakan berbagai program yang tercantum dalam Pakta Integritas baik yang ditandatangani Rektorat saat Rakernas dan yang ditandatangani jajaran pimpinan UIN Mataram hari ini. 

"Saya yakin akan terselesaikan tepat waktu, step by step-nya, roadmap-nya, timeline-nya," ujar Wamenag.

Beliau menekankan  Raker tidak hanya menjadi ritual wajib di awal/akhir tahun saja, namun supaya menjadi momentum refleksi, evaluasi kritis  serta me-review kerja yang sudah dikerjakan bersama untuk kedepannya. Pentingnya transformasi digital dalam rangka mempermudah pembelajaran, pengawasan dan pelayanan akademik juga Ia tekankan. 

"Oleh karenanya, seluruh civitas akademika harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi," terangnya.

Diakhir arahannya, Wamenag berpesan agar mahasiswa yang dihasilkan harus mampu beradaptasi dengan lingkungan pasca mereka berkuliah. Tampil mengisi ruang-ruang publik untuk ikut terlibat memberikan kontribusi bagi masyarakat luas.