Website UI Terbaik

Website UI Terbaik

"Pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas," kata Rektor UI Prof Muhammad Anis melalui keterangan tertulis, baru-baru ini.

Webometrics juga merilis, UI meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia. Anis mengatakan, situs laman dan publikasi ilmiah ini diperuntukkan tidak hanya bagi civitas academica UI, melainkan juga bagi Bangsa Indonesia dan masyarakat global.

Perolehan didasari keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator, yaitu presence atau ketampilan yang merupakan jumlah halaman laman yang terekam pada sarana pencari Google.

Jumlah Tautan

Indikator kedua adalah impact atau jumlah tautan eksternal (jumlah backlink) yang diterima domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam.

Kemudian openness atau keterbukaan yang merupakan jumlah file dokumen, seperti jenis file pdf, dokumen doc/docx, dan presentasi Powerpoint ppt yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas. Indikator terakhir adalah excellence atau keunggulan yang merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas academica yang terdata dalam indeks di Google Scholar.

Beberapa perguruan tinggi Indonesia juga masuk lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016, yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat kedua di Indonesia, peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat ketiga, peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat keempat, peringkat 1.442), dan Universitas Riau (peringkat kelima, peringkat 1.502). Pemeringkatan ini dilakukan dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia. (ant-37)


Tags: