Direktur Diktis Dorong Naskah Akademik Pembentukan RA Negeri hingga Penerapan Kurikulum Cinta Sejak PAUD

Selasa, 3 Juni 2025 14:19 WIB
Pendis

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Sahiron saat menghadiri Konferensi dan Diskusi aralel Akademisi PIAUD/PAUD se-Indonesia

Jakarta (Pendis)- Pendidikan usia dini memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak, maka mencetak guru-guru pendidikan usia dini yang mumpuni secara ilmu pengetahuan, akhlak dan kasih sayang turut menentukan karakter generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Sahiron saat menghadiri Konferensi dan Diskusi aralel Akademisi PIAUD/PAUD se-Indonesia dengan tema Arah Kebijakan Strategis Kemendikdasmen RI dalam Pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini, Selasa (3/6/2025) di Jakarta.

"Terimkasih kepada bapak-ibu sekalian, yang telah mendidik seperti orangtuanya, karena guru anak usia dini akan berperan seperti orangtua anak didik, mendidik sesuai usianya, dan juga mendidik karakternya. Ini sangat bermanfaat dan sangat menentukan, meskipun budi pekerti itu tidak bisa hanya dibangun dalam 1 hingga 2 tahun, tetapi seumur hidup, tetapi yang sangat berpengaruh itu saat anak-anak," tutur Sahiron.

Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini juga merespon berbagai usulan yang muncul terkait pendidikan anak usia dini, termasuk usulan dibentuknya Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Negeri, hingga penerapan Kurikulum Cinta dalam mendidik anak usia dini guna membentuk karakternya di masa depan.

Menurut Sahiron, untuk mencapai tujuan tersebut, perlu disiapkan naskah akademik yang kuat guna mendukung usulan pembentukan PAUD Negeri, naskah tersebut memuat berbagai penelitian terkait peran orang tua dalam mendidik anak dalam jenjang usia 3-4 tahun, kemudian hingga usia 5 tahun.

Dari hasil penelitian tersebut nantinya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul, urgensi pembentukan PAUD Negeri, sejauh mana orang tua mampu mendidik anak dalam rentang usia tersebut, hingga seberapa besar kebutuhan orang tua untuk dibantu oleh guru-guru PAUD dalam mendidik anak dalam rentang usia tersebut.

"Tanpa naskah akademik yang kuat ini tidak akan tercapai, termasuk pendirian RA Negeri, ini harus diperkuat dengan berbagai macam argumentasi akademik, bukan sekedar kemauan kita," tuturnya.

Sahiron menjelaskan, hal ini juga sejalan dengan Kementerian Agama yang tengah fokus dalam membangun kurikulum berbasis cinta, dimana hal ini sangat erat kaitannya dalam pendidikan anak usia dini.

Ia menyatakan, ada tiga potensi besar dalam diri manusia yang dapat dibentuk sejak dini. Potensi tersebut diantaranya akal, keinginan dan emosi. Kurikulum Cinta bertugas mengendalikan akal dan keinginan untuk menekan emosi, dimana pada anak usia dini, emosi lebih menonjol sebelum akal berkembang. Hal ini juga perlu diantisipasi para pendidik anak usia dini untuk mampu bertindak mengajarkan cinta dan kasih sayang berdasarkan akal dan kekuatan ruhani.

"Disinilah peran gurunya, bagaimana membantu anak kuat dalam habluminallah, hubungan manusia dengan tuhan dan bagaimana kemudian ini bisa terinternalisasi dalam dirinya, kemudian habluminannas, bagaimana mendidik anak dalam menyikapi pertikaian antar teman dan lain sebagainya, ini sejak anak berusia dini," tuturnya.


Tags:

PAUD

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan