Pimpinan Ponpes Jabal Rahma bersama santri saat menerima penghargaan Kemandirian Pesantren Expo 2023 terbaik

Pimpinan Ponpes Jabal Rahma bersama santri saat menerima penghargaan Kemandirian Pesantren Expo 2023 terbaik

Batusangkar (Pendis) – Serangkaian kegiatan Kemandirian Pesantren Expo dalam rangka memperingati hari santri tahun 2023, di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar sukses digelar di Auditorium kampus II pada Rabu (18/10/2023)

Terpilih tiga Stand Pondok Pesantren Terbaik dari 14 ponpes yang ikut meriahkan "Kemandirian Pesantren Expo 2023" dan berhasil menarik perhatian pimpinan UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan pengunjung. Mereka terpilih sebagai Stand terbaik dalam menampilkan produk-produk unggulannya, dalam acara penutupan “Kemandirian Pesantren Expo 2023”

Ponpes yang berhasil meraih Juara Pertama dalam Kemandirian Pesantren Expo yakni Ponpes Jabal Rahma pimpinan Tengku H. Edi Yusuf. Lc, yang beralamat Koto Baru, Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. 

Meraka berhasil menjadi juara pertama berkat penampilan stand dan juga produk-produk unggulan mereka dalam bidang jabal rahma mart yang menjual produk hasil pengelolaan mereka sendiri, seperti aneka keripik singkong, kawah daun dan lain-lain.

Sementara juara kedua, berhasil direbut pondok pesantren Thawalib Tanjung Limau pimpinan bapak Yonnedi M, S.Ag., M.Pd beralamat Tanjung Limau, Kec. Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, mereka berhasil mereput perhatian pengunjung terkait pengelolaan menajemen supermarket dan pengelolaan keuangannya.

Juara ketiga peroleh oleh pondok pesantren Waratsatul Anbiya’ pimpinan Tengku Dalmarison, S.Pd beralamat Ampang Kualo, Kampung Jawa, Kec. Tanjung Harapan Kota Solok. Meraka berhasil memperkenalkan produk unggulan mereka yakni pengelolaan usaha air isi ulang dan pengelolaan manajemen keuangan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd, mengucapkan selamat dan terimah kasih kepada 14 pimpinan ponpes yang sudah menyukseskan Kemandirian Pesantren Expo di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dan selamat kepada ponpes terbaik dalam kegiatan ini.

Expo ini diharapkan dapat mengenalkan dan mendukung usaha pondok pesantren yang ada di Sumatera Barat, Ponpes diketahui merupakan sebuah tempat yang mampu mencetak generasi-generasi Islami yang handal. “sebut Dr. Sirajul Munir”

Disamping mempelajari ilmu keagamaan, para santri di ponpes juga dilatih menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi kehidupan di masyarakat, inovasi-inovasi berwirausaha inilah yang bisa meningkatkan pola hidup para santri, Sifat enterpreneur dari para santri ini jika dikelola dengan baik akan menghasilkan para wirausahawan muda yang berpotensi membangkitkan ekonomi umat. “tutup warek III” (doni)