Peserta OSN-P MAN 1 Banda Aceh melakukan praktikum di FMIPA USK.

Peserta OSN-P MAN 1 Banda Aceh melakukan praktikum di FMIPA USK.

Banda Aceh (Pendis) - Siswa MAN 1 Banda Aceh peserta Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) 2023 mendapat pengalaman yang sangat berharga, di mana para siswa tersebut mendapat bimbingan langsung dari para Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Syiah Kuala. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 31 Mei dan 3 Juni 2023.

Di hari pertama, para siswa mendapatkan pengayaan materi olimpiade sesuai dengan bidangnya di MAN 1 Banda Aceh. Kemudian pada hari kedua para siswa tersebut melakukan praktikum di FMIPA Universitas Syiah Kuala (USK).

Rincian bidang OSN-P tersebut di antaranya Matematika yang diasuh oleh Saiful Amri SSi MSi, Fisika dan Astronomi oleh Dr Suhrawardi Ilyas MSc. Kemudian bidang Kimia diasuh oleh Dr Eka Safitri MSi, serta Biologi oleh Dr Amalia MSc. 

Selanjutnya Dr Zahnur M Info Tech membimbing bidang Informatika dan Fadhli Syamsudin SSi MSi mengasuh bidang Kebumian.

Para siswa sangat antusias mengikuti bimbingan dari para Dosen MIPA tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya menambah jadwal bimbingan secara mandiri.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, menyampaikan terima kasih kepada Fakultas MIPA USK yang telah membina peserta OSN-P.

"Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih kepada Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala yang telah banyak membantu MAN 1 Banda Aceh dalam pengembangan dan peningkatan mutu madrasah, khususnya pada program pengayaan OSN-P 2023", ujarnya.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan realisasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas MIPA USK dengan MAN 1 Banda Aceh yang telah disepakati sejak 2021 lalu. Kerjasama tersebut sebagai upaya peningkatan mutu, prestasi, serta pengembangan madrasah sesuai dengan program kerja MAN 1 Banda Aceh sebagai Madrasah Unggulan Akademik Nasional.

"Secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas MIPA USK, Prof Dr Teuku M Iqbalsyah beserta para Wakil Dekan, yang telah menfasilitasi kegiatan ini. Kemudian juga para Ketua Jurusan dan Ketua Prodi di lingkungan FMIPA USK", pungkasnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, sebanyak 21 siswa MAN 1 Banda Aceh berhasil melaju ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) tahun 2023, setelah melewati persaingan yang sangat ketat di OSN tingkat Kota Banda Aceh.

MAN 1 Banda Aceh kembali bertekad mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional, di mana pada tahun 2022 yang lalu berhasil menyumbangkan medali Emas OSN tingkat Nasional bidang Ekonomi. (Amru Sujud)