Peluncuran Buku Penggerak Perubahan dan Film Dokumenter ‘Niti Kaweruh’

Peluncuran Buku Penggerak Perubahan dan Film Dokumenter ‘Niti Kaweruh’

Sidoarjo (Pendis) – Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) kemitraan pendidikan antara Australia-Indonesia, meluncurkan Film Dokumenter “Niti Kaweruh – Menggapai Harapan di Lereng Bromo” dan Buku “Penggerak Perubahan: Kisah Inspiratif Transformasi Pembelajaran Indonesia.” 

Peluncuran ini ditandai dengan memukul alat hadroh yang dipimpin Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Mastuki bersama Kemendikbudristek, Bappenas serta tim INOVASI pada Selasa (03/10/2023).

Acara peluncuran ini merupakan bagain dari kegiatan Kunjungan Pemantaun Bersama Implementasi Kurikulum Merdeka Program INOVASI di Jawa Timur. Pemantauan ini dilaksanakan pada 3-4 Oktober 2023 di Sidoarjo dan Probolinggo.

Mastuki mengapresiasi karya guru-guru penggerak transformasi pembelajaran ini. Menurutnya, inovasi dan karya guru ini harus terus dikawal dan dipublikasikan agar tidak hanya bermanfaat pada wilayah tertentu, namun bisa menjadi motivasi bagi guru-guru madrasah secara nasional.

"Buku ini merupakan bukti nyata karya para pejuang pendidikan dan bibit-bibit unggul pendidik Islam yang sudah mengabdikan ilmunya kepada masyarakat," ujar Mastuki.

"Saya harap para penggerak ini menjadi motivator dalam komunitasnya, serta menjadi pendidik yang mengajar dengan penuh hati dan cinta," imbuhnya penuh harap.

Mastuki mengatakan untuk menjadi pejuang pendidikan tidak harus menjadi Doktor ataupun Profesor, tetapi banyak cara untuk menjadi pejuang pendidikan. "Karya sesuatu yang tidak tertulis, yang biasanya dianggap biasa, akan menjadi sesuatu yang luar biasa ketika ditulis," ungkapnya.

Erix Hutasoit, Communication Manager INOVASI saat ditemui menjelaskan Buku Penggerak Perubahan merekam kisah 100 orang tokoh penggerak transformasi pembelajaran di 4 provinsi mitra INOVASI di Indonesia yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Utara. 

Tokoh-tokoh yang ditulis dalam ini berasal dari berbagai latar bekalang. Kebanyakan dari mereka merupakan orang-orang sederhana seperti kepala sekolah, pengawas, guru, pengurus organisasi keagamaan dan komunitas. Mereka bekerja dalam senyap untuk meningkatkan keterampilan literasi, numerasi, dan karakter. 

“Kami mengumpulkan kisah-kisah ini selama berbulan-bulan. Kami pergi ke desa-desa, pegunungan, pesisir, dan daerah-daerah terpencil untuk menemui orang-orang hebat ini. Kami sangat bangga bisa membawa pengalaman hebat para penggerak perubahan ini kepada publik,” tambahnya.

Buku ini buku “Penggerak Perubahan: Kisah Inspiratif Transformasi Pembelajaran Indonesia ” dapat diakses gratis melalui tautan https://bit.ly/BukuPenggerakPerubahan.

Sedangkan, Film Dokumenter “Niti Kaweruh” merupakan film produksi INOVASI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Film berdurasi 34 menit ini menceritakan upaya Desa Sariwangi 2 dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengatasi masalah kekurangan guru dan siswa. Film ini bisa diakses di tautan https://bit.ly/LaunchingNitiKaweruh.

Film Dokumenter ‘Niti Kaweruh’ dan Buku Penggerak Perubahan diluncurkan dalam Kunjungan Pemantauan Bersama implementasi Program INOVASI di Jawa Timur. Kunjungan ini melibatkan Kemendikbudristek, Kemenag, Bappenas, dan Kedutaan Besar Australia. Kunjungan ini bertujuan melihat keberhasilan proses transformasi pembelajaran di sektor pendidikan dasar.