Dirjen Pendis saat memberikan pengarahan

Dirjen Pendis saat memberikan pengarahan

Jakarta (Pendis) – Disebut sebagai orang uang kompetitif yakni seseorang yang mumpuni dari sisi keilmuan dan memiliki ketrampilan yang kokoh serta memiliki akhlakul karimah, ini merupakan cici khusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikam Islam, Muhammad Ali Ramdhani saat memberikan pengarahan pada kegiatan Literasi Utama Pendidikan Islam (LUPIS) yang bertajuk “Kuliah di PTKIN, Keren!”.
“Masa depan orang tergantung masa mudanya, yakni ketika seseorang mendayagunakan masa emasnya dan memperkokoh keilmuannya untuk memperatajam sisi keilmuan, keterampian dan dilengkapi nilai-nilai akhlakul karimah,” tutur Ramdhani di Jakarta, Kamis (07/04/2022).

Menurut Guru Besar UIN Bandung ini, manusia yang cerdas adalah manusia yang mampu mendayagunakan otak dan kepalanya serta mengekspresikan kemampuan berpikirnya, “Menginjeksikan sesuatu hal yang paling substantif diri manusia yaitu ilmu pengetahuan,” tegasnya.

Ramdhani sangat mengapresiasi kegiatan LUPIS dan atas capaian-capaian PTKIN yang merupakan bagian dari cara Pendidikan Islam menatap masa depan agar mampu mencetak alumni-alumni kompetensi yang utuh.

“Alumni-alumni PTKIN adalah mereka yang berbahagia dunia yang memiliki kompetensi utuh dalam mengamalkan ilmunya didunia, dan bahagia akhirat adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menggapai kehidupan setelah di dunia,” terangnya.

Ramdhani berharap, Proses pendidikan pada PTKIN menjadi proses yang menyiapkan anak-anak bangsa yang berada pada poros kemajuan bukan berada pada sudut-sudut kemajuan bangsa, bukan juga berada pada pojok-pojok perkembangan peradaban, namun mereka adalah pelaksana dari setiap kemajuan bukan sekedar penonton.

Dhani menegaskan, PTKIN kini menjadi pilihan semua siswa-siswa tidak hanya dari madrasah melainkan banyak yang berasal dari sekolah baik dalam maupun luar negeri, “Kini PTKIN memiliki berbagai program studi yang menunjang hal-hal yang dibutuhkan masa kini, serta keunggulan-keunggulan yang ada pada proses pendidikan di PTKIN,” tegasnya.

Selanjutnya, Dirjen Pendis menyimpulkan PTIKIN merupakan pilihan yang tepat dan mengajak kepada seluruh Civitas Akademika dan Kepala Madrasah untuk mensukseskan SPAN dan UM PTKIN 2022. “Maka kuliah di PTKIN sangatlah keren dan mari bersama-sama sukseskan SPAN dan UM PTKIN,” pungkasnya.


Tags: # PTKIN