Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani.

Bogor (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menjadi momentum untuk menjamin masa tumbuh anak berjalan dengan baik.

"Hari ini adalah menciptakan sebuah momentum kesadaran bersama untuk menciptakan anak-anak yang senantiasa berada pada ruang tumbuhnya yang senantiasa kita jaga, semuanya baik dari sisi psikologis, fisik dan lain sebagainya," sebut Ramdhani saat mengisi Pentas Seni Hari Anak Nasional Tahun 2022 yang berlangsung di Jungleland Adventure Theme Park Sentul, Bogor, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, masa pertumbuhan anak-anak perlu dijamin dengan dibekali ilmu yang bermanfaat, keterampilan yang tangguh, serta berakhlakul karimah agar mereka mampu mengisi estafet kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang.

"Kami ingin mengingatkan pada kita semua bahwa masa depan sebuah bangsa tergantung dari penatakelolaan bagaimana kita melindungi dan memberdayakan serta memperkokoh anak bangsa," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini kata Dhani, Ditjen Pendis juga berusaha menyadarkan konsep Kebhinnekaan sebagai sebuah ciri satu bangsa yang memiki beragam suku, bahasa dan budaya. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya peserta dari perwakilan berbagai daerah, mulai dari Aceh sampai Papua yang terdiri dari siswa Raudhatul Athfal (RA) hingga siswa madrasah.

"Kita harapkan cita-cita besar kita untuk memberikan perlindungan anak demi Indonesia maju dapat terselenggara dengan baik."

Kegiatan ini merupakan rangkaian puncak dari peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang bertepatan pada tanggal 23 Juli lalu. Berbagai pertujunukan turut serta dalam pentas ini seperti pementasan tari, pentas dongeng, pentas orchestra serta dilanjukan bermain ragam permainan tradisional.