perwakilan mahasiswa yang menjadi pembicara pada forum tersebut yaitu Ade Hafiz dan Samsari.

perwakilan mahasiswa yang menjadi pembicara pada forum tersebut yaitu Ade Hafiz dan Samsari.

Banda Aceh (Pendis) --- Dosen dan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi pembicara dalam Seminar Internasional dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Se-dunia, Senin (18/12/2023) secara virtual.

Mereka yakni Fahmi Sofyan, Aiyub Berdan, Zulkhairi Sofyan, Anshar Zulhelmi dan Nurchalis Sofyan. Sementara perwakilan mahasiswa yang menjadi pembicara pada forum tersebut yaitu Ade Hafiz dan Samsari.

Pada sesi pertama yang dipandu Ivan Aulia Trisnady, Fahmi Sofyan Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry dan juga Anggota Majlis Permusyawaratan Ulama Banda Aceh membahas tentang “Pentingnya Studi Bahasa dan Sastra Arab bagi Non Arab”. Kemudian narasumber kedua Aiyub Berdan akademisi dan Direktur Baitul Qur’an Ridhallah memaparkan tentang  “Peran Bahasa Arab dalam pemaknaan Al-qur’an”. 

Selanjutnya, Zulkhairi Sofyan akademisi dan Direktur Lembaga Bahasa Pesantren Al-Manar Aceh Besar membahas topik “Arah pengajaran Bahasa Arab untuk Non Arab”. Terakhir, Anshar Zulhelmi Akademisi dan Direktur PT. Bitata Food Indonesia memaparkan tentang “Bahasa Arab untuk Perniagaan”.

Untuk sesi kedua materi disampaikan oleh Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab, yaitu Ade Hafiz mahasiswa semester akhir dengan tema “Hubungan Sastra Arab dan Masyarakat” kemudian dilanjutkan oleh Samsari, mahasiswi tingkat akhir dengan tema “Pengaruh Bahasa Arab dengan Bahasa-Bahasa Lain”. Sesi ini dimoderatori oleh Muhammad Yasir dosen pengajar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Alumni Universitas Zaitunah Tunisia.

Pada sesi terakhir, menghadirkan narasumber utama dari Mesir yaitu Syaikh Prof. Dr. Mustafa Mohammad Rizq Al-Sawahily dengan tema “Pengajaran Bahasa dan Sastra Arab untuk Non penutur Arab” yang dimoderatori oleh Rifqi Hidayatilkhaliq alumni Universitas Islam Sulthan Sharif Ali (UNISSA), Brunai Darussalam. 

Dan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Nurchalis Sofyan akademisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan ketua Ikatan Alumni Pondok Modern Gontor cabang Aceh, denga tema “Pengkajian Naskah Bahasa Arab bagi non Arab”. 

Pemateri Ketiga Muakhir Zakaria, dosen Bahasa Arab di Ma’had Khadim Haramain LIPIA Banda Aceh, dengan tema “Pendekatan Integratif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi non-Arab; Pemahaman, Pondasi Bahasa, Tujuan dan Penerapannya”. []