2.	Kepala Perpustakaan UIN SU, Prof Dr Nurhayati, MA menyerahkan cinderamata kepada Nazaruddin MLIS PhD selaku keynote speaker pada kegiatan seminar n

2. Kepala Perpustakaan UIN SU, Prof Dr Nurhayati, MA menyerahkan cinderamata kepada Nazaruddin MLIS PhD selaku keynote speaker pada kegiatan seminar n

Medan (Pendis) --- Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nazaruddin MLIS PhD menjadi keynote speaker pada kegiatan seminar nasional perpustakaan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan berlangsung di Kampus IV Tuntungan, Medan dan dibuka secara resmi oleh Pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr H Abu Rokhmad MAg.

Selain Nazaruddin, dalam kegiatan Library Festival 2022 turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara sebagai narasumber H Musa Rajekshah SSos MHum sebagai narasumber Talkshow.

Dalam pemaparan materinyan tentang "Peran Perpustakaan dalam Mendukung SDGs", Nazaruddin mengatakan bahwa pustakawan sebagai agen perubahan (the agent of change) dituntut untuk selalu aktif untuk meningkatkan kapasitas profesionalismenya.

Sebagai pelayan informasi profesional, kata Nazar pustakawan harus selalu percaya diri dan siap melayani kebutuhan informasi para pemustaka yang terus berubah sesuai eranya. Apalagi di era disruptif ini, peningkatan kapasitas pustakawan dalam bidang teknologi informasi merupakan suatu keniscayaan.

"Harus diingat bahwa meskipun penerapan teknologi informasi di perpustakaan secara otomatis meningkatkan penampilan sebuah perpustakaan, namun tidak secara otomatis meningkatkan citra pustakawannya,"kata Nazaruddin selaku Ketua PD Ikatan Pustakawan Indonesia Aceh di hadapan peserta yang berhadir, Rabu (26/10/2022) di Kampus IV Tuntungan, Medan.

Menurut Nazar, citra pustakawan akan sangat tergantung kepada kapasitas dan kompetensi pustakawan itu sendiri dalam memberi manfaat kepada pemustaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Lebih lanjut, dengan mengutip pendapat EBSCO Senior Marketing Manager, Tommy Ross MLIS, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini menjelaskan bahwa peran perpustakaan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) adalah mempromosikan literasi universal, memberikan akses informasi,memajukan inklusi digital, melestarikan dan menyediakan akses ke budaya dan warisan dunia dan berfungsi sebagai pusat penelitian.

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr H Abu Rokhmad MAg dalam sambutannya menegaskan, ada dua skill atau keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa dan lulusan UIN SU yang berguna dalam setiap ruang pengabdian di tengah masyarakat, dua keterampilan yakni menulis dan berbicara (writing and speaking).

"Ada dua skill atau keterampilan yang diperlukan khususnya jika sudah menjadi sarjana, kemampuan yang berguna saat mengabdi di mana saja di tengah masyarakat. Yakni kemampuan menulis (writing) dan berbicara (speaking). Skill ini dinilai sangat mendukung dalam hidup dan tinggal di mana saja,"kata Prof Dr H Abu Rokhmad MAg saat membuka acara Festival Perpustakaan UIN SU 2022 di Kampus IV Tuntungan, Medan, Rabu (26/10).

Berdasarkan keterangan Kepala Perpustakaan UIN SU, Prof Dr Nurhayati, MA mengatakan bahwa festival ini merupakan kegiatan rutin tahunan dimulai dari 2018. Kegiatan Festival ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 26-27 Oktober 2022 di kampus IV Tuntungan, Medan.

Untuk tahun 2022, kegiatan festival perpustakaan dirangkai dengan berbagai kegiatan meliputi seminar nasional perpustakaan, talk show, life music dan bazar UMKM serta beberapa perlombaan seperti akustik, karya tulis ilmiah, videografi dan turnamen Mobile Legend yang diikuti 32 tim juga ikut memeriahkan festival tersebut.[]

 


Tags: # UINSU