Mahasiswa Fak Syariah UIN KHAS Jember Ikuti Kompetisi Legal Drafting 2024

Mahasiswa Fak Syariah UIN KHAS Jember Ikuti Kompetisi Legal Drafting 2024

Jember (Kemenag) - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengirimkan delegasi untuk berkompetisi dalam ajang Kompetisi Nasional Legal Drafting antar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2024. Kompetisi Nasional Legal Drafting yang diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta.

Wakil Dekan bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama Fakultas Syariah Dr. Ahmadiono yang ikut mendampingi ke Jakarta, menuturkan bahwa kompetisi ini merupakan kali pertama diadakan dan diikuti oleh  Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dari seluruh Indonesia, tidak hanya dari perguruan tinggi keagamaan negeri Islam, melainkan juga dari perguruan tinggi keagamaan lainnya.

“Tadi malam, kami sudah mengikuti pembukaan. Hari ini, kompetisi akan dimulai.  Dengan persiapan yang matang dan semangat tinggi, diharapkan delegasi Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dapat meraih prestasi gemilang dalam Kompetisi Legal Drafting kali ini. Dalam hemat kami, kompetisi legal drafting ini sangat relevan untuk mahasiswa Fakultas Syariah sebagai ajang kompetisi yang bertujuan untuk membekali mahasiswa berkaitan dengan perancangan peraturan perundang-undangan dan instrumen hukum lain”, terang Dr. Ahmadiono, Selasa, 21 Mei 2024 di Jakarta.

Sementara sekretaris Jurusan Hukum Islam Achmad Hasan Basri, SH., MH, yang juga mendampingi di Jakarta sekaligus sebagai penanggung jawab proses rekrutmen di internal Fakultas Syariah, mengungkapkan bahwa tim telah melakukan persiapan dengan serangkaian uji praktik, baik itu selama proses rekrutmen maupun setelah terpilih sebagai delegasi.

Achmad Hasan Basri menuturkan bahwa setelah dilakukan rekrutmen peserta, dari 29 mahasiswa yang mendaftar, terpilih 12 mahasiswa yang lulus tahap ujian tertulis. Ujian berikutnya adalah uji praktik dan menghasilkan enam mahasiswa dan terbagi menjadi 3 kelompok.

“Hasil akhir dari rekrutmen tersebut kemudian terpilih dua mahasiswa yang menjadi delegasi yaitu Muhammad Husni Mubarok dan Ibnu Alwaton Surya Waliden. Dua mahasiswa tersebut saat ini sudah melakukan registrasi dan hari ini siap berkompetisi. Mudah-mudahan dapat memberikan hasil yang terbaik dan membawa nama harum Fakultas Syariah UIN KHAS Jember di Tingkat nasional”, harap Achmad Hasan Basri.

Sebagai informasi, kompetisi ini diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Agama RI sebagai bentuk dukungan adanya mata kuliah legal drafting di PTKN. Dengan demikian, untuk memberikan tantangan dan menguji pemahaman dan keterampilan mahasiswa, maka diselenggarakan kegiatan Kompetisi Nasional Legal Drafting Antar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Tahun 2024.


Tags: # Tag1