Invitasi dan Festival Tapak Suci Lampung 2023 di UIN Raden Intan Lampung

Invitasi dan Festival Tapak Suci Lampung 2023 di UIN Raden Intan Lampung

Bandar Lampung  (Pendis)  – Sebanyak 393 peserta mengikuti Invitasi dan Festival Tapak Suci Lampung 2023 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL).

Invitasi dan festival tersebut digelar Rabu-Kamis, 27-28 Desember 2023 di GSG UIN RIL, diikuti para peserta atau atlet mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan mahasiswa open se-Sumatera. Ajang bergengsi ini digelar bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah XI Tapak Suci Lampung.

“Para atlet sejumlah 393 terdiri dari 80 kontingen, diantaranya 16 kontingen 97 peserta dari Sumatera Utara, pra remaja 23 kontingen 120 peserta, remaja 27 kontingen 94 peserta, dewasa 14 kontingen 82 peserta,” ucap Pembina UKM Tapak Suci sekaligus Ketua Pelaksana, Cahniyo Wijaya Kuswanto dalam laporannya.

Cahniyo mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi keluarga besar tapak suci, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan prestasi atlet tapak suci di kancah nasional maupun internasional.

“Perlu adanya pembinaan sejak usia dini sampai tingkat dewasa dan ajang ini dapat memberikan sebuah kesempatan kepada para atlet mengevaluasi dari latihan di perguruan masing-masing,” ujar Dosen PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu.

Tapak suci merupakan perguruan historis yang saat ini menjadi perguruan terbesar di Indonesia, jelas Cahniyo, karena menghasilkan atlet-atlet yang berlaga dan menghasilkan emas dari berbagai kejuaraan dunia atau internasional.

Ia berharap giat ini bisa memberikan sebuah edukasi, menjadikan  ilmu beladiri untuk prestasi dan menjaga diri dari berbagai serangan yang tidak terduga.   

Acara yang mengusung tema Bersatu untuk tapak suci yang mandiri, berprestasi, dan mendunia ini dibuka oleh Wakil Rektor III yang diwakili Wakil Dekan III FTK UIN RIL, Prof Dr H Subandi MM, Rabu (27/12).

Dalam sambutannya, Prof Subandi menyampaikan bahwa UKM Tapak Suci UIN RIL termasuk yang paling banyak menyumbangkan prestasi. Ia mengatakan harapannya tapak suci menjadi wadah sebagai upaya untuk  bela diri dan bela negara.

Adapun juara umum dengan perolehan medali terbanyak diraih berdasarkan kategori, yakni tingkat usia dini dimenangkan oleh Tapak Suci Bandar Jaya, Pra remaja diraih Tapak Suci SMP Muhammadiyah 1 Metro, tingkat Remaja diraih oleh Tapak Suci Tulang Bawang, tingkat dewasa dimenangkan oleh Tapak Suci Unila.

Kemudian kategori pesilat terbaik putra disabet oleh Ahmad Dzikrullah dari Unila, sedangkan pesilat terbaik putri diraih oleh Rizky Ardhilawati dari Universitas Ma’arif Lampung.