Prosesi Penyerahan Ijazah tanda kelulusan Ma'had Jami'ah Ar-Raniry Banda Aceh oleh Warek II Prof Khairuddin kepada mahasiswa.

Prosesi Penyerahan Ijazah tanda kelulusan Ma'had Jami'ah Ar-Raniry Banda Aceh oleh Warek II Prof Khairuddin kepada mahasiswa.

Banda Aceh (Pendis) -- Sebanyak 1.188 Mahasantri pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ma'had Al-Jami’ah dan Asrama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti kegiatan Haflah Ikhtitam. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus setempat, Rabu malam (20/12/2023)

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelepasan mahasantri yang telah menyelesaikan program pembinaan asrama yang diikuti oleh Mahasantri Reguler Angkatan 11 Gelombang 1 dan Mahasantri Non Reguler Angkatan 11 Gelombang 3 pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan UIN Ar-Raniry Prof Dr Khairuddin, MAg dalam sambutannya mewakili Rektor, mengatakan bahwa program pembinaan Ma’had Al-Jami'ah merupakan program wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Ar-Raniry dengan tujuan untuk membina mahasiswa dalam membaca Al-Quran dan Ahklakul Karimah.

"Program ma'had ini adalah program wajib, jadi wajib bagi seluruh Mahasiswa UIN Ar-Raniry masuk dan mengikuti segala rangkaian kegiatan di ma'had. Tujuan dari program asrama ini adalah untuk membantu mahasiswa yang tidak bisa membaca Al-Qur’an dan pembinaan akhlakul karimah,” jelas Prof Khairuddin.

Sebelumnya, Kepala UPT Ma'had Al-Jami'ah dan Asrama UIN Ar-Raniry, Dr Syahminan, SAg MAg dalam laporannya menyebutkan, peserta yang hadir pada Haflah Ikhtitam Mahasantri Angkatan 11 Gelombang 1 dan Angkatan 11 Gelombang 3 tersebut adalah sebanyak 1.188 mahasantri dengan rincian 693 mahasantri putri dan 495 mahasantri putra.

“Jumlah mahasantri yang telah mengikuti program ma’had dan akan dilepaskan pada kegiatan haflah ikhtitam malam ini adalah sebanyak 1.188 mahasantri-mahasantriah yang terdiri dari 693 mahasantriah dan 495 mahasantri,” lapornya.

Kegiatan pelepasan tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry kepada sebanyak sepuluh mahasantri putri dan lima mahasantri putra dari masing-masing asrama yaitu Asrama Rusunawa, Arun, IDB I, IDB II, Kompas dan SCTV.

Turut hadir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof Dr Saifullah MAg, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan UIN Ar-Raniry, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Ar-Raniry dan sejumlah staf dan pembina asrama UPT. Ma’had Al-Jami’ah dan Asrama.

Untuk diketahui, Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan penampilan Tim Hadrah dan Tarian Sufi dari Mahasantri Putra, Grup Nasyid An-Nisa dari Mahasantri Putri, Pemutaran Video Dokumenter Aktifitas Mahasantri dan ditutup dengan Penampilan Nasyid dari Mahasantri Putra.