Sertifikat ISO 9001:2015 IAIN Pontianak

Sertifikat ISO 9001:2015 IAIN Pontianak

Pontianak (Pendis)-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak  meraih sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001.2015 Quality Management System. Sertifikat ini diraih setelah melaksanakan proses persiapan dan audit sertifikasi yang panjang sejak tahun 2018. 

Rektor IAIN Pontianak, Syarif mengatakan, sertifikat ISO yang baru saja diraih ini menjadi bukti otentik bahwa IAIN Pontianak telah memenuhi berbagai standar penyelenggaraan pendidikan berkualitas. Di antaranya standar keamanan, ramah lingkungan, efisiensi proses pelayanan yang diterapkan, dan spesifikasi dimensi jasa dan fungsional. 

Syarif menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, atas proses dan capaian ini. “Capaian ini adalah hasil kerja kita semua yang harus kita jadikan acuan dalam pelaksanaan dan penyempurnaan sistem dan tatakelola organisasi kampus kita,” katanya di Pondtianak, Rabu (08/11/2021).

Ia menegaskan, semua pihak harus bersiap diri menyesuaikan dengan standar ISO tersebut. “Ini sudah menjadi komitmen dan harus dijaga dan dilaksanakan,” tegas Syarif.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Firdaus Achmad menambahkan, seluruh jajarannya harus terus rendah hati dan jangan cepat puas dengan preatasi yang diraih. Menurutnya, prestasi ini menuntut sivitas akademika untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam bekerja. “Kita harus berbenah dan terus melakukan perbaikan. Sertifikat ini berlaku selama 1 tahun dan akan dievaluasi setiap tahunnya,” tukas Firdaus.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Pontianak Ali Hasmy menjelaskan, lembaganya akan menuju peringkat akreditasi tertinggi yaitu unggul. Untuk itu dalam setiap kegiatan, semua elemen harus menitikberatkan kepada output dan outcome-nya. 
“Hal itu sulit tercapai apabila input dan prosesnya tidak bagus,” jelasnya.

Ali berharap dengan ISO ini input dan proses akan lebih bagus sehingga menghasilkan output dan outcome yang bagus pula. “Saat ini Akreditasi IAIN Pontianak Baik Sekali, satu level lagi akan menjadi Unggul,” pungkasnya.


Tags: # PTKI