9 mahasiswa disertai 3 dosen FEBI UIN RIL sesaat sebelum keberangkatan menuju Malaysia.

9 mahasiswa disertai 3 dosen FEBI UIN RIL sesaat sebelum keberangkatan menuju Malaysia.

Bandar Lampung  – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) terus mengukir prestasi di kancah internasional. Pada tanggal 4-10 Maret 2024, FEBI UIN RIL menyelenggarakan rangkaian kegiatan akademik internasional yang berlangsung di Malaysia. Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi FEBI UIN RIL, tetapi juga menandai langkah besar dalam mewujudkan visi internasionalisasi.

Rangkaian kegiatan ini meliputi International Student MobilityInternational BenchmarkingGuest Lecturer, Speaker Ummatic Festival 3.0, dan International Community Service. Partisipan dari berbagai negara seperti Indonesia, Turki, Thailand, Singapura, Brunei, Kamboja, dan Malaysia turut berkontribusi dalam memperkaya pengalaman akademik dan budaya selama kegiatan ini berlangsung.

Ada banyak perguruan tinggi yang terlibat di dalam kegiatan skala internasional ini, yaitu UIN Raden Intan Lampung, DRB-HICOM University, Universiti Perguruan Sultan Idris, Quest International University, Best Skill College, Kolej Pengurusan Teknologi Mara, Institut Latihan Perindustrian Ipoh, Universiti Teknologi Petronas, International Islamic College, Universiti Sains Malaysia, Universiti Kuala Lumpur, UiTM Sri Iskandar, Albukhary International University, Peninsula College, Universitas U’buidiah Indonesia Aceh, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Islam Ar-Raniry Aceh, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hassanuddin Banten, STEBI Lampung, Princess Of Naradiwas University Narathiwat, Fatoni Universiti, Republic Polytechnic Singapore, Universiti Sultan Sharif Ali Brunei, Universiti Teknologi Brunei, Cambodia Universitiof Management And Teknologi, Turkiye, UIN Mataram, dan Universitas Islam Bandung.

Tak hanya perguruan tinggi, rangkaian international academic ini juga melibatkan beberapa perusahaan terkemuka dan organisasi sosial masyarakat seperti Proton, Hayrat Relief Malaysia, Scholars Volunteers Group, dan Persatuan Orang Kota Bharu.

Prof Dr Tulus Suryanto MM Akt CA, Dekan FEBI UIN RIL, menyatakan bahwa kolaborasi yang luar biasa ini adalah hasil dari upaya panjang FEBI UIN RIL dalam mempercepat proses internasionalisasi. “Dengan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan, perusahaan, dan organisasi sosial, kami semakin yakin bahwa FEBI UIN RIL mampu tumbuh dan bersaing di tingkat global,” ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FEBI UIN RIL, Dr Wahyu Iryana SHum MAg menyampaikan, kegiatan ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa dan dosen FEBI UIN RIL untuk meningkatkan keterampilan akademik, jaringan profesional, serta pemahaman lintas budaya antar negara. Diharapkan, kolaborasi yang terjalin dalam rangkaian kegiatan ini dapat menjadi pijakan untuk kerja sama lebih lanjut di masa depan, baik dalam bidang pendidikan maupun pengembangan masyarakat.

Dengan pencapaian gemilang ini, FEBI UIN RIL semakin mantap dalam perjalanannya untuk menjadi pusat pendidikan Ekonomi dan Bisnis Islam unggulan yang tidak hanya direkognisi secara nasional, tetapi juga diakui secara internasional. Langkah ini menjadi bukti nyata bahwa FEBI UIN RIL terus berupaya meraih standar keunggulan global dalam dunia pendidikan tinggi.