Kasubdit Bina GTK MA/MAK, Anis Masykur saat menyampaikan arahan mewakili Direktur GTK Madrasah

Kasubdit Bina GTK MA/MAK, Anis Masykur saat menyampaikan arahan mewakili Direktur GTK Madrasah

Surabaya (Pendis) - Kementerian Agama merupakan  salah satu Kementerian yang berperan penting dalam pencapaian target pembangunan Pendidikan Nasional. Demikian disampaikan Kepala Sub-Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MA/MAK, Anis Masykur mewakili Direktur GTK Madrasah pada kegiatan Evaluasi Admin KKGTK Provinsi, Kab/ Kota zona 3.

Kegiatan ini diikuti oleh Admin provinsi, Kab/kota  sebanyak 198 orang yang berasal dari Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Jawa Timur. 

Menurut Anis, Reformasi mutu pendidikan Madrasah bisa diwujudkan dengan Implementasi Program yang salah satu komponennya berkaitan dengan Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Kepala Madrasah, Tenaga Kependidikan. Program ini disupport melalui skema bantuan Madrasah Education Quality Reform (MEQR).

"Para Admin KKGTK Provinsi dan Kabupaten Kab/Kota merupakan ujung tombak dalam pengusulan pendaftaran serta penyusunan pelaporan pertanggungjawaban Bantuan Kelompok Kerja Guru, Kepala Madrasah dan Tenaga Kependidikan Madrasah,” ujar Anis di Surabaya, Kamis (08/12/2022).

Hal ini disebabkan karena para penerima bantuan banyak yang awan pemahamannya dalam hal penyusunan laporan bantuan dan implikasinya akan menjadi temuan dikemudian hari. 

"Banyak kelompok kerja guru yang tidak mau mengajukan bantuan karena dananya tidak seberapa tapi memiliki tanggung jawabnya besar,” ungkapnya.


 
Diakhir arahannya, Anis menyampaikan bahwa pagu anggaran Bantuan Kelompok Kerja Guru, Kepala Madrasah dan Tendik Madrasah pada Direktorat GTK melalui komponen 3 sebesar Rp.122.685.000.000. Adapun realisasi anggaran sebesar Rp.105.255.000.000., atau 85,79%  yang diberikan melalui beberapa tahapan. 

“Tahapan pertama sebanyak 2095 penerima bantuan, tahapan kedua  sebanyak 1273 penerima bantuan dan tahapan ketiga sebanyak 1020 penerima bantuan,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Santoso,S.Ag,M.Pd, Subkoord Tendik Kanwil Kemenag Prov.Jatim, para Subkoord Bina GTK MA/MAK serta seluruh konsultan komponen 3.