Direktur PAI saat memipin FGD

Direktur PAI saat memipin FGD

Tangerang Selatan (Pendis) --- Kementerian  Agama tengah menyusun bahan ajar moderasi beragama dan bela negara yang akan dipergunakan sebagai pegangan (hand book) bagi dosen-dosen yang mengampu mata kuliah pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di perguruan tinggi umum (PTU).

Direktur PAI, Amrullah saat memimpin Forum Group Discusion (FGD) Pengembangan Kompetensi Dosen PAI pada PTU (Moderasi Beragama dan Bela Negara) mengatakan, dosen PAI memiliki peran strategis untuk menjadi bagian penting pemerintah terutama dalam memasyarakatkan nilai-nilai moderasi beragama dan bela negara kepada mahasiswa.

“Dosen PAI itu mempunyai peran yang sangat penting untuk memberikan penguatan moderasi beragama pada mahasiswa,” ujar Amrullah di Tangerang Selatan, Senin (24/10/2022).

Dosen PAI, kata Amrullah,  sebagai mitra strategis bagi pemerintah dalam pembentukan masyarakat yang damai, aman, dan makmur. Dosen juga sangat berperan dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan yang tepat dan berguna bagi masa depan mahasiswa dan generasi muda Indonesia.

“Dosen PAI memiliki peran strategis sebagai bagian penting pemerintah terutama dalam memasyarakatkan nilai-nilai moderasi beragama dan bela negara kepada mahasiswanya,” tukasnya.

Amrullah menyampaikan kontribusi dosen PAI pada PTU dalam mengawal dan memberikan arah mahasiswa melalui pengetahuan yang dimiliki cukup strategis. Pasalnya, dosen PAI sejatinya adalah katalisator yang turut menentukan arah perubahan.

Perlu dipahami, lanjut Amrullah,  moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama, dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama, yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.

Sedang bela negara secara fisik,dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara, secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, terutama pada bidang pendidikan.

“Keduanya hal yang sangat penting, penyusunan bahan ajar moderasi beragama dan bela negara sebagai buku pegangan dosen PAI akan menjadi kebutuhan penting dalam menyiapkan generasi di masa depan,” tegas Amrullah.

“Modul moderasi beragama dan bela negara ini akan menjadi panduan bersama dalam peningkatan kapasitas Dosen PAI yang didasarkan pada modul yang telah disusun sebelumnya. Sifatnya praktis dan berkualitas,” pungkasnya.