Review Soal Seleksi PPG Daljab

Tangerang (Pendis)- Kementerian Agama bersiap menggelar seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) madrasah dalam Jabatan tahun 2022. Dan tengah menyusun dan mereview soal seleksi akademik PPG dalam Jabatan.

“Kita harus mereview soal-soal yang nantinya akan digunakan untuk seleksi akademik PPG, harus diteliti dengan baik, jangan sampai soal-soal yang tidak layak uji nanti  muncul  saat seleksi,” tutur Kasubdit Bina GTK MI dan MTs, Ainur Rofiq saat membersamai kegiatan Review Soal Seleksi Akadmik PPG dalam jabatan (Angkatan II) di Tangerang, Minggu (21/11/2021).

Rofiq menyampaikan bahwa soal seleksi akademik yang diujikan tahun-tahun   sebelumnya  masih ditemukan soal di bawah standar, sehingga  diharapkan  soal hasil review  dan disiapkan untuk seleksi ini akan  memiliki kualitas yang jauh lebih baik, ujarnya.

Menurut Ropiq,  Tim  pereview  terdiri atas perwakilan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI), Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, serta dosen yang berkompeten dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Lebih lanjut, Ropiq mengatakan komponen soal yang akan disusun juga harus memerhatikan kondisi kemampuan guru madrasah yang akan mengerjakan soal tersebut, hal ini terkait dengan kondisi guru-guru kita yang sudah mendekati pension dan ada juga guru-guru yang masih muda yang pastinya kompetensinya berbeda. Untuk kondisi ini, soal yang disusun agar mampu mengakomodir ini,tutur Rofiq.

Kepala Seksi Bina Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang juga merupakan Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag, Mustofa Fahmi  menambahkan bahwa kegiatan penyusunan soal ini merupakan salah satu ikhtiar Kemenag untuk meningkatkan kualitas input mahasiswa PPG dalam jabatan.

“Guru dan tenaga kependidikan madrasah adalah komponen utama dan terpenting dalam upaya

peningkatan mutu pendidikan. Tidak ada pendidikan bermutu tanpa guru dan tenaga

kependidikan madrasah yang bermutu dan berkualitas. Pendidikan sangat diperlukan untuk

mendukung pembangunan bangsa dan kemajuan di seluruh daerah,”ungkap Fahmi.

Untuk tujuan meningkatkan taraf kompetensi dan profesionalitas guru dan memberdayakan potensi yang dimiliki para  guru, kita menyelenggarakan kebijakan untuk menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah.

“Penyusunan soal seleksi akademik PPG dalam Jabatan Tahun 2022 pastinya bertujuan

untuk mengoptimalkan kualitas input mahasiswa yang akan menjadi peserta PPG Tahun

2022. Kita berharap soal-soal yang kita susun ini memiliki kualitas yang layak dan memenuhi standar diujikan, pungkas Fahmi.

Tags: # #Guru