Tim Gemas ekskul robotik yang berasal dari kota pendidikan ini diwakili Nurul Sakira Tamrin dan Muhammad Ardhani Alvaro A, dibawah bimbingan Nurlaelah

Tim Gemas ekskul robotik yang berasal dari kota pendidikan ini diwakili Nurul Sakira Tamrin dan Muhammad Ardhani Alvaro A, dibawah bimbingan Nurlaelah

Yogyakarta (Pendis) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Majene sebagai madrasah riset dengan dua program utama yaitu tahfiz dan robotik berhasil lolos 30 besar mewakili Sulawesi Barat dalam ajang bergengsi Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 kategori Robot Inovasi. 

Tim Gemas ekskul robotik yang berasal dari kota pendidikan ini diwakili Nurul Sakira Tamrin dan Muhammad Ardhani Alvaro A, dibawah bimbingan Nurlaelah akan mempresentasikan robot yang diberi nama inovasi harmoni keluarga bersama Si Mujur.

“Hadirnya robot ini berupaya untuk memonitoring perlakuan kejujuran dalam rumah tangga. Selain itu, bisa untuk menjaga keharmonisan keluarga dalam rumah tangga serta menjadi referensi dalam membuat buku saku pembacaan grafik,” kata Ardhani.

Cara kerja robot inovasi harmoni keluarga bersama Si Mujur ialah dengan menyentuh pulse sensor dengan jari sebagai input analog yang terhubung ke mikrokontroler arduino nano buzer dengan output bunyi, tambah Ardhani.

“LCD OLED 0,96 inch sebagai tampilan monitor yang membaca grafik dan nilai sensor detak jantung. Nantinya tampilan melalui grafik dan detak jantung yang akan menunjukkan orang ini jujur atau tidak,” ungkap Nurul.

Nurul menambahkan, robot inovasi harmoni keluarga bersama Si Mujur ini dapat digunakan dimana saja dengan penggunaan alat yang praktis, mudah, dan simple. 

“Jika dilihat dari kemampuan peserta dalam menguasai robot inovasi, mereka memiliki semangat karena mendapat support dari berbagai pihak. Semoga anak-anak kami mampu menampilkan dan memberi hasil yang terbaik. Semoga MRC tahun ini sukses,” harap Nurlaelah.


Tags: # MRC 2022