Pelantikan Prof Jamhari, Rektor UIII Periode 2024-2029

Pelantikan Prof Jamhari, Rektor UIII Periode 2024-2029

Depok (Pendis) --- Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) telah melantik Prof. Jamhari, PhD, sebagai Rektor untuk masa jabatan 2024-2029. Upacara pelantikan dilaksanakan di Procession Hall, Gedung Rektorat UIII, Depok, Jawa Barat, pada tanggal 30 Mei 2024. Dr. H. M. Jusuf Kalla, Ketua Majelis Wali Amanat UIII, memimpin jalannya upacara pelantikan tersebut.

Prof. Jamhari menyampaikan optimisme dalam menghadapi tantangan ke depan dan menekankan komitmennya untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang berwawasan internasional. Ia menyoroti peran UIII dalam memajukan keunggulan akademis dan Islam Wasatiyyah secara global. Universitas ini menawarkan enam program akademik di empat fakultas dan bertujuan untuk menarik talenta terbaik dari seluruh dunia.

Jusuf Kalla menekankan peran penting sains dalam pembangunan Indonesia, menyatakan bahwa tidak ada negara yang mencapai kemajuan sejati tanpa landasan sains yang kuat. UIII bertujuan untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan berkontribusi kepada komunitas global, menarik mahasiswa internasional untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Indonesia. Universitas berupaya untuk membalikkan tren mahasiswa Indonesia berbakat yang belajar di luar negeri dengan menawarkan pendidikan kelas dunia dan beasiswa, menunjukkan potensi Indonesia sebagai pusat pendidikan global.

Seleksi Ketat 
Penunjukan Prof. Jamhari mengikuti proses pemilihan transparan yang dipimpin oleh Panitia Pemilihan Rektor yang diketuai oleh Dr. Chaider S. Bamualim. Lima kandidat dari dalam dan luar negeri mendaftar antara 10 sampai dengan 22 Mei 2024, dengan tiga finalis mempresentasikan visi mereka kepada anggota Majelis Wali Amanat UIII dan sivitas akademika. Prof. Jamhari, seorang guru besar dengan banyak pengalaman di bidang pendidikan tinggi, terpilih pada 28 Mei 2024.

Sebelumnya, Prof. Jamhari menjabat sebagai Wakil Rektor UIII bidang Penelitian, Kerjasama, dan Pengabdian Masyarakat, dan terakhir sebagai Pelaksana Tugas Rektor (2023-2024). Sebelumnya, di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ia menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Urusan Akademik. Ia juga memimpin Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM UIN) dari tahun 2001 hingga 2006. Prof. Jamhari meraih gelar PhD dalam Antropologi dari Australian National University (ANU) Australia. "Kami yakin kepemimpinan Profesor Jamhari akan membawa UIII ke tingkat yang lebih tinggi lagi," kata Jusuf Kalla.

Dr. Chaider S. Bamualim, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UIII, menyatakan kepuasannya dengan proses seleksi yang transparan dan adil yang menghasilkan penunjukan Rektor baru untuk periode 2024-2029. Beliau menekankan bahwa proses seleksi yang ketat dan demokratis sangat penting untuk mencapai keunggulan akademik dan membentuk budaya kampus yang demokratis di universitas-universitas Indonesia. Budaya ini, yang menegakkan integritas dan mendorong kebebasan dalam pengertian yang luas, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung pembelajaran dan pertumbuhan akademik yang sehat.

Mereka yang hadir
Upacara tersebut dihadiri oleh Dr. H.M. Jusuf Kalla dan tokoh-tokoh penting lainnya, termasuk anggota Majelis Wali Amanat UIII, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag (Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Kementerian Agama RI), Prof. Dr. H. M. Adlin Sila, MA, Ph.D (Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), Adam M. Tugio, SH, LL.M (Staf Ahli Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Luar Negeri RI),  Andin Hadijanto, SE, MA, Ph.D (Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Keuangan RI), dan Drs. M. Rifqi Muna. MdefStu, Ph.D (Ketua Senat Akademik UIII) dan perwakilan dari kementerian Indonesia lainnya.

Hadir sebagai saksi dalam pelantikan ini Drs. Amich Alhumami, Ph.D (Deputi Direktur Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, BAPPENAS) dan Prof. Wawan Wahyuddin, M.Pd (Rektor UIN SMH Banten). 

Selain itu, Dr. Wahdi Yudhi (Rektor Sampoerna University), Didin Syafruddin, Ph.D (Direktur Eksekutif, PPIM UIN Jakarta) dan Saiful Umam, Ph.D (Peneliti Senior, PPIM UIN Jakarta), sivitas akademika UIII (dekan, dosen, staf, dan mahasiswa), dan perwakilan dari UIN Jakarta dan universitas lain hadir untuk menyaksikan acara penting ini.