Peserta Kirab Obor Pospenas IX saat Sowan ke PP Girikusumo Demak

Peserta Kirab Obor Pospenas IX saat Sowan ke PP Girikusumo Demak

Demak (Pendis) - Peserta Kirab Obor Pospenas IX mengunjungi Pondok Pesantren Girikusumo Demak sebagai permintaan doa restu kepada Kyai di Pondok yang sudah terbilang sangat tua. Hal demikian disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat memberikan sambutan pada penyerahan obor Pospenas IX.
 

"Obor yang dikirab yang apinya diambil dari api abadi Mrapen ini dimintakan doa restu ke Yai Munif (KH Munif Muhammad Zuhri atau Gus Munif, Pengasuh Ponpes Girikusumo Demak)," kata Wagub di Demak pada Senin (21/11/2022).

"Tujuannya adalah minta doa restu agar hajat Pospenas IX di Solo 2022 berjalan lancar," lanjutnya.

Sesammpainya di Ponpes Girikusumo Demak, obor api Pospenas IX Tahun 2022 diserahkan ke Bupati Demak yang kemudian langsung dinyalakan di tempat obor di podium kompleks Ponpes Girikusumo Demak.

Dalam kesempatan yang sama, Pengasuh Ponpes Girikusumo Demak, Gus Munif menyatakan dukungannya Pospenas IX. Menurut Gus Munif, dalam jiwa yang kuat menciptaan tubuh yang sehat.

"Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, menurut saya ini kebalik. Sebab, di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Orang yang hatinya bersih menghasilkan jiwa dan pikiran yang bersih dan sehat, sehingga raganya juga ikut sehat," kata Gus Munif.

Sementara, Bupati Demak, Eisti'anah saat menyambut para tamu undangan dan pasukan kirab obor Pospenas IX menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pohak yang mempercayakan Demak sebagai rute kirab obor Pospeas IX.

Menurutnya, Pospenas ini merupakan simbol spirit perjuangan antar santri dan antar pesantren, sehingga keberhasilan pelaksanaan Pospenas dapat menyalurkan bakat minat olahraga dan seni serta nguri-nguri (merawat) budaya yang ada di Indonesia.

"Ajang Pospenas ini menjadi momen yang tepat untuk membuktikan santri dan pesantren memiliki kontribusi nyata dalam membina khasanah olahraga di Indonesia," tukasnya.

"Saya berharap, kegiatan ini dapat menjaring santri yang beriman dan bertakwa dan berdaya saing unggul," pungkasnya.

Pospenas sendiri digelar di Solo, 23-27 November 2022. Seluruh provinsi di Indonesia mengirimkan wakilnya untuk mengikutinya. Total ada 2.876 santri yang ikut dalam Porpenas IX ini.
Setelah mohon doa restu Gus Munif, obor Pospenas IX Tahun 2022 dibawa ke Pondok Pesantren Al Mas’udiyah Jl Raya Blater-Jimbaran, Bandungan, Ungaran, Kabupaten Semarang.