Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan saat

Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan saat

Jambi (Pendis) - Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ketiga Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera dan Asia Tenggara telah resmi dibuka oleh Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Senin (24/07/2023). 

Zulpan sangat mengapresiasi kompetisi yang melibatkan mahasiswa dari wilayah Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam di Asia Tenggara dalam bidang ilmiah, seni, dan olahraga ini. Pasalnya, penyelenggaraan PKM III ini tidak hanya berskala regional, tetapi telah merambah skala internasional dengan kehadiran peserta dari perguruan tinggi islam di Asia Tenggara.

“Menariknya, PKM III bukan hanya menjadi ajang persiapan atlet untuk kompetisi nasional dan internasional, tetapi juga menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spiritual, dan akhlak di antara para peserta, serta memperkokoh persaudaraan kebangsaan dan identitas Indonesia menuju Indonesia unggul 2045”, ujar Zulpan.

Sebagai tuan rumah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi merasa bangga karena dipercaya menjadi penyelenggara PKM III untuk wilayah Sumatera dan Asia Tenggara. PKM III tahun 2023 mengusung tema "Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, dan Rekognisi".

PKM III kali ini melibatkan 22 PTKIN dari Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Ajang lomba ini digelar secara hybrid, baik daring maupun luring, dengan total 33 cabang lomba yang terdiri dari bidang ilmiah, seni, dan olahraga, diikuti oleh 1530 peserta.

Babak penyisihan untuk cabang lomba ilmiah dan seni telah dimulai secara virtual pada Mei 2023. Sementara perlombaan lainnya akan berlangsung dari 26 hingga 29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda, termasuk Kampus I dan Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo, dan Danau Sipin Kota Jambi.

Kontingen UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan juga turut berpartisipasi dengan mendelegasikan  24 mahasiswanya untuk mengikuti beberapa cabang lomba, seperti Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Fahmil Al-Quran, Bisnis Plan, Tennis Meja, Catur, dan Futsal.

Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana meningkatkan prestasi dan memperkuat silaturrahim di antara PTKIN lain.

“Saya mengharapkan agar kegiatan ini tidak hanya sekadar menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk saling mengenal dan memperkuat silaturrahim dengan PTKIN lain,” harapnya

“Teruslah berprestasi, teruslah bersilaturrahim, dan jadilah insan akademik yang berkontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa,” tambahnya

HAdir dalam pembukaan PKM III ini,  Wakil Gubernur Jambi, Ketua Alumni UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera,Forkopimda Provinsi Jambi serta perwakilan Perguruan Tinggi Islam dari Asia Tenggara yang hadir secara virtual.