Pelaksanaan KSM 2023 Provinsi Jawa Timur

Pelaksanaan KSM 2023 Provinsi Jawa Timur

Sidoarjo (Pendis) - Provinsi Jawa Timur optimis dapat mempertahankan predikat juara umum pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 tingkat nasional pada September nanti.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram saat memberikan arahan kepada peserta KSM tingkat provinsi Jawa Timur, Sabtu (05/08/2023).

Husnul menegaskan ajang KSM merupakan ajang bergengsi bagi para siswa madrasah yang perlu terus dikawal dan tentunya dapat terus dipertahankan prestasinya. Pada tahun lalu, kata Husnul, delegasi KSM 2022 dari Provinsi Jawa Timur telah berhasil mempertahankan juara umum. 

"Maka, tahun ini harus dipersiapkan lebih matang," tegas Husnul secara daring melalui zoom meeting pada pembukaan KSM 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Beliau menghimbau kepada seluruh jajaran dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan anak didiknya selaku calon delegasi KSM 2023 tingkat nasional secara maksimal. Ia juga berkomitmen untuk memfasilitasi peserta KSM tahun ini dengan lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jawa Timur, Santoso mengapresiasi kepada seluruh peserta KSM 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur.  
"Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang luar biasa kepada anak anakku semua, ini sungguh luar biasa, anda telah berhasil masuk di lima besar di tingkat kabupaten/kota," ucap Santoso.

Santoso melaporkan bahwa ada sekitar 1710 generasi terbaik dari madrasah, dari jenjang MI, Tsanawiyah maupun Aliyah yang mengikuti seleksi KSM 2023 Provinsi Jawa Timur. Dan saat ini, tambahnya, akan disaring lagi untuk mewakili Jawa Timur menuju ke tingkat nasional.

"Lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin agar anda bisa meraih prestasi ini," imbaunya.

Ia berharap agar para peserta yang tepilih pada KSM Nasional di kendari nanti untuk terus menjaga integritas dan kejujuran. "Walaupun kita ini beradu prestasi tetapi kejujuran dan ukhuwah yang mesti kita jaga, termasuk saya sampaikan kepada bapak/ibu pendamping," pesan Santoso.

"Bagi yang belum berhasil, saat ini anda sudah luar biasa dan saya yakin ada prestasi lain yang akan diperoleh anda-anda semua," pungkasnya.

Kegiatan pembukaan KSM 2023 Provinsi Jawa Timur secara simbolis dilakukan di Aula Kankemenag Sidoarjo dihadiri siswa-siswi madrasah sekitar yang ikut memeriahkan jalannya pembukaan.


Tags: # ksm2023