Rektor lantik 21 Lembaga Kemahsiswaan IAIN Batusangkar

Rektor lantik 21 Lembaga Kemahsiswaan IAIN Batusangkar

Batusangkar (Pendis) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Marjoni Imamora melantik 21 lembaga kemahasiswaan yang ada dilingkup IAIN Batusangkar. Pelantikan ini mengusung tema “Rekontruksi Nilai-nilai Kepemimpinan untuk Mewujudkan Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar yang Progresif dan Revolusioner”.

Marjoni mengucapkan selamat kepada para terlantik yang mendapatkan amanah sebagai ketua DEMA/SEMA institute dan Fakultas serta ketua UKM/UKK beserta jajaran. Beliau berpesan agar pelantikan ini menjadi sejarah tersediri dalam berkolaborasi memajukan IAIN Batusangkar.

“Tahun ini merupakan tahun kedua bagi saya menjadi Rektor IAIN Batusangkar dan hari ini saya melantik saudara dalam suasana kondisi negara yang masih dideclare Pandemi Covid 19, mari kita berdoa semoga bangsa kita dapat keluar dari krisis ini,” ujar Marjoni, Kamis (20/01/2021).

Marjoni menerangkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk usia produktif terbesar di ASIA yang mencapai 191 juta (70,72 persen). Dengan SDM yang handal dan berkualitas berperan penting dalam perekonomian, politik, pendidikan dan peningkatan kesejahteraan bangsa. 

“Separoh SDM tersebut ada pada generasi penerus bangsa yang disini termasuk anda di dalamnya sebagai Agent of change menjadi pusat kemajuan bangsa yang cerdas, bermutu, berkarakter dan berdaya saing.” terangnya.

Marjoni meminta kepada segenap pengurus Lembaga Kemahasiswaan yang dilantik agar lebih visioner dan revolusioner dalam merespon tantangan di era revolusi industry 4.0. Mampu pengembangan skill sehingga hebat, mampu merawat karakter mahasiswa yang reigius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, dan tanggung jawab.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Sirajul Munir mengatakan, menjadi aktivis mahasiswa itu sebuah kemewahan, karena bisa mengeksplorasikan gagasan, berfikir kritis, mendapatkan relasi yang banyak, dan lebih dewasa membekali diri menghadapi masa depan.

“Setiap lembaga kemahasiswaan diharapkan dapat melahirkan program-program yang lebih kreatif bagi pengembangan kompetensi mahasiswa dalam berbagai bidang Seperti publikasi ilmiah, enterpreneurship dan lainnya,” jelas Munir.

“Dengan demikian, mampu meraih prestasi baik pada level nasional maupun internsional, dengan syarat mutlak dari semua program tersebut harus berbasis akreditasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Munir mengatakan, semua itu akan terwujud jika semua lembaga kemahasiswaan dapat berkoordinasi dan berkolaborasi dengan segenap pimpinan kampus.
“Sebagai pesan terakhir perkuatkan hubungan dengan Allah SWT,” pungkasnya.

Pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar segabai patner dalam memajukan dunia pendidikan dan bersenergi dalam mewujudkan visi, misi tanah datar, juga mengajak mahasiswa aktif dalam organisasi sehingga menjadi wadah untuk melatih jiwa kepemimpinan yang kreatif, sehinga mampu aktif ditengah-tengan masyarakat dan juga mengajak mampu menjauhi narkoba dan maksiat lainnya. 

Kegiatan pelantikan akbar ini, berpusat di auditorium kampus II IAIN Batusangkar berkapasitas 6000 tempat duduk. 21 Lembaga Kemahasiswaan yang dilantik yakni, Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Exsekutif Mahasiswa (DEMA) Tingkat Institut dan empat tingkat Fakultas sementara itu 10 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Seni Tilawah Al-Quran, PIK-M, Olahraga, BKM, Seni, Kaligrafi, RKT, KSEI At-Tahiyaah, Idealita, Kapma dan satu Unit Kegiatan Khusus (UKK) Formasi Periode 2022.