Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani

Palembang (Pendis)- Nilai-nilai kepramukaan mampu ditransformasikan dalam perilaku mahasiswa, salah satunya pemahaman agama yang inklusif, moderen, dan damai. Kegiatan Perkemahan Wirakarya ini  menjadi tolak ukur sejauh mana PTK berhasil melakukan Revitalisasi Gerakan Pramuka, di tengah masyarakat yang berubah. Demikian disamapaikan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV Tahun 2021 di Jakabaring Palembang, Kamis (11/11).

Menag mengatakan pramuka harus menjadi rumah bersama bagi sekumpulan generasi muda yang ingin berkembang, berkarya dan menempa diri. Rancang bangun kegiatan kepramukaan harus mampu menjawab kebutuhan generasi millenial yang akrab dengan teknologi digital. Nilai-nilai kepramukaan seperti kemandirian, gotong-royong, perjuangan hidup, keberanian, dan kepekaan sosial harus mampu ditransformasikan ke dalam perilaku mahasiswa.

“Kegiatan yang  berlangsung selama 6 hari yakni 9 sampai dengan 14 November diikuti sebanyak 1176 peserta yang mengikuti kegiatan  ini secara daring dan luring. Kegiatan ini diselenggarakan dengan system blended learning, menggabungkan  kegiatan daring dan luring,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani dalam laporannya.

Lebih lanjut, Dhani mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan berupa pengembangan Kawasan, pengembangan wawasan, pelatihan dan bakti pramuka ke masyarakat salah satu kegiatan untuk membangkitkan energi-energi gerakan pemuda gerakan Pramuka ini maka beberapa kegiatan dilakukan dengan kegiatan bakti di masyarakat antaranya kunjungan rumah ibadah Gereja Katolik Santa Maria ratu Rosario Atmajaya kelenteng  dan beberapa Madrasah di kota Palembang, terangnya.

Selain itu, peserta PWN PTK) XV  diajak  melakukan kegiatan  penanaman pohon, pembuatan biopori, tabur benih  ikan dan vaksinasi masyarakat untuk 5000 masyarakat dan mahasiswa dilanjutkan dengan distribusi donasi buku perpustakaan pembagian masker dan hand sanitizer,tutur Dhani.

Kegiatan yang mengusung tema konsistensi dalam moderasi beragama berkarya untuk bangsa ini diselenggarakan dengan penerapan protocol Kesehatan (prokes) ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada semua peserta dan  terima kasih atas kepercayaan Kementerian Agama menjadikan Palembang tuan rumah kegiatan PWNPTK XV  ini.  

Wagub berharap, kegiatan yang berlangsung di lokasi Jakabaring sport city, merupakan fasilitas olahraga yang berstandar nasional kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini dapat berjalan lancer dan sukses sehingga menjadi rekomendasi bagi kegiatan serupa di tahun- tahun berikutnya.


Tags: # PWNPWKXV