Sinergi UIN Ar-Raniry dan Masjid Istiqlal untuk Memajukan Literasi Keagamaan

Sinergi UIN Ar-Raniry dan Masjid Istiqlal untuk Memajukan Literasi Keagamaan

Jakarta (Pendis) --- Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama (PKMB) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, mengadakan pertemuan dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA.

Pertemuan yang berlangsung Minggu (7/7/2024) di Ruang Utama Masjid Istiqlal Jakarta ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah konkrit dalam memperkuat literasi keagamaan dan moderasi beragama di Indonesia khususnya di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rahmad Syah Putra, Manajer Program dan Kerjasama PKMB UIN Ar-Raniry, dalam keterangan tertulis yang dikirim ke redaksi menyatakan pentingnya dukungan dari Nasaruddin Umar untuk memperkaya aktivitas PKMB. 

"Kami berharap kolaborasi ini tidak hanya memperkuat kapasitas kami dalam penyiaran nilai-nilai agama yang sesuai dengan perkembangan zaman, tetapi juga menciptakan program-program inovatif yang menunjukkan kebaikan Islam sebagai agama yang penuh kasih," ujarnya.

Sementara itu, Nasaruddin Umar merespons positif upaya PKMB UIN Ar-Raniry dalam mempromosikan wasatiyah dan pentingnya dialog antarumat beragama. "Indonesia sebagai negara dengan beragam latar belakang dan keyakinan sangat membutuhkan semangat toleransi ini sebagai fondasi untuk menjadi bangsa besar di masa depan," ungkapnya dengan penuh semangat.

Dalam penutupan pertemuan yang hangat ini, Nasaruddin Umar juga memberikan beberapa buku referensi tentang moderasi beragama kepada PKMB UIN Ar-Raniry, sebagai sumbangan untuk mendukung upaya penguatan moderasi beragama di kampus tersebut. 

Diharapkan, ini akan menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi staf dan mahasiswa dalam membangun kehidupan beragama yang harmonis dan inklusif di Aceh.

Pertemuan antara PKMB UIN Ar-Raniry dan Nasaruddin Umar diharapkan menjadi awal dari kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dalam memperkuat moderasi beragama di Indonesia, serta memperkaya wawasan keagamaan yang mendalam bagi generasi masa depan.


Tags: # UIN