Tim Riset MAN 4 Jakarta

Tim Riset MAN 4 Jakarta

Jakarta (Pendis) - Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta yang terdiri dari Muhammad Zaenal Raffi (XI-1), Wifda Ghanis Ergadia (XI-1), Keiji Akram Obay (XI-1), Muhammad Ewaldo Arya (XI-2) dan Muhammad Faizal Zuhur (XI-6) berhasil meraih medali emas di bidang Environmental Science dan Special Award dari Malaysia Young Scientists Organisation (MYSO). 

Kompetisi Global Youth Invention And Innovation Fair (GYIIF) 2024 merupakan kompetisi riset tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) dan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 11-14 Januari 2024 secara online dan offline dan diikuti oleh lebih dari 50 tim yang hadir secara offline.

MAN 4 Jakarta mengirimkan satu tim untuk mengikuti kompetisi GYIIF 2024 dengan judul riset “Sustainable Carbon Fiber From Sugarcane Bagasse: A Renewable Alternative to Petroleum-Based Precursors”.

Menurut Zaenal, selaku ketua tim, Alasan timnya mengambil topik riset tersebut karena mereka melihat potensi dari limbah ampas tebu untuk dijadikan sebagai bahan yang bermanfaat. Ampas tebu memiliki kandungan karbon dan serat yang tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif menggantikan bahan baku pembuatan serat karbon yang ramah lingkungan.

Penelitian mereka dibimbing langsung oleh bapak Nugroho Wahyu Sumartono, M.Sc. sebagai salah satu guru riset di MAN 4 Jakarta.

Dengan adanya prestasi ini, diharapkan mampu memotivasi siswa/i MAN 4 Jakarta untuk terus berprestasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka pelajari.