Penyambutan peserta dengan barongsai

Penyambutan peserta dengan barongsai

Lamongan (Pendis) –  Musabaqoh Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) tahun 2023 di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur sudah siap digelar. Pembukaan rencananya digelar pada Selasa (11/7/2023) malam.

Ketua Panitia MQKN 2023, Mahrus Elmawa mengungkapkan, kedatangan para santri yang menjadi peserta MQKN 2023 sudah mendekati 100%. 

“Hari ini semua rencana sudah sesuai. Penjemputan, registrasi, keabsahan dan penginapan untuk peserta alhamdulillah semua lancar-lancar saja,” kata  Mahrus di Lamongan, Senin (10/07/2023).

Menurutnya, kedatangan peserta MQKN 2023 ini memang belum datang sepenuhnya. Namun, katanya, hanya tinggal menunggu beberapa saja.  “Kedatangan terakhir besok, yaitu peserta yang dari Bali. Sekitar jam 7 pagi," katanya.

Mahrus menambahkan, untuk para santri yang sudah datang bisa lebih mempersiapkan dengan matang dan melihat situasi di sekitar pondok.  

Sebelumnya, para peserta yang baru memasuki kawasan diselenggarakannya MQKN 2023, langsung disambut oleh penampilan Barongsai dari Pondok Pesantren Sunan Drajat. Mereka kemudian melanjutkannya dengan registrasi dengan panitia serta cek keabsahan. “Setelah itu semua selesai, peserta diajak jalan-jalan dengan mobil keliling kemudian diantarkan ke penginapan," jelasnya.

Mengenai kendala persiapan, menurutnya, sejauh ini lancar semua. Kalaupun ada kendala, lanjutnya, mungkin hanya kendala sangat kecil saja. Misalkan ada nama peserta yang kurang pas dengan yang di EMIS. Namun, itu sudah segera tertangani oleh Tim IT. “Saya kira itu hal biasa. Segera bisa ditangani," terangnya.

Dia berharap semua pihak mendukung acara MQKN 2023 ini dan bisa melaksanakannya bersama-sama dengan semangat dan acara ini sesuai target. 

Dia menekankan, acara MQKN 2023 ini bukanlah untuk mencari kemenangan juara, saling berebut juara. “Harapannya acara ini bisa menjadi ajang silaturahmi akademik, intelektual antar pesantren, menjaga persatuan dan kesatuan bahwa kita ini sama-sama dari pesantren, minimal melalui baca kitab. Karena tema kita ini kan untuk kerukunan dan peradaban," jelasnya.

Adapun beberapa jenis lomba yang digelar dalam acara MQKN 2023 tersebut antara lain; Musabaqah Qira’atil Kutub, Debat Bahasa Arab dan Inggris, Bahtsul Kutub, Debat Qanun hingga Lalaran Nadhom.

Peserta yang akan mengikuti lomba tersebut adalah para santri pesantren dan mahasantri Ma’had Aly dari 35 Kafilah Provinsi di Indonesia dan Pesantren Sunan Drajat selaku tuan rumah MQKN tahun 2023.

Adapun para panitia yang tergabung dalam penyelenggara MQKN tahun 2023 ini merupakan gabungan dari unsur Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lamongan, dan Pesantren Sunan Drajat. (*)