Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry, Prof Dr Khairuddin MAg saat menyempaikan mataeri pada Sosialisasi Pemilih Pemula Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Jum&

Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry, Prof Dr Khairuddin MAg saat menyempaikan mataeri pada Sosialisasi Pemilih Pemula Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Jum&

Banda Aceh - Sebanyak 250 Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Sosialisasi Pemilih Pemula Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung di Aula Pascasarjana Lt. II kampus setempat, Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh di bawah Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sosilalisasi ini mengangkat tema ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’ dan menghadirkan dua narasumber utama yaitu Prof Dr Khairuddin MAg selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, dan Hafidh Hs selaku Ketua Panwaslih Aceh Besar 2018-2023.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Prof Dr Khairuddin MAg mewakili Rektor UIN Ar-Raniry dalam sambutannya menyorot pentingnya pelaksanaan acara tersebut sebagai sarana sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula.

“Acara ini sangat penting karena kita akan menghadapi pesta besar yaitu pemilu 2024 khususnya bagi pemilih pemula atau ‘gen z’ yang jumlah suaranya cukup diincar pada pemilu ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof Khairuddin berharap dengan dilaksanakan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa selaku pemilih pemula untuk dapat mengambil peran dan mengetahui tanggung jawabnya pada pemilu 2024 mendatang

“Kita berharap agar kegiatan ini dapat membuat kita sadar bahwa pemilu ini adalah untuk kepentingan kita bersama demi bangsa ini, semoga adik-adik mahasiswa dapat belajar dan mengambil peran dari informasi yang didapatkan,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Provinsi Aceh, Fahrul Riza Yusuf dalam sambutannya mengajak mahasiswa untuk dapat mengambil peran dalam pemilu 2024 sebagai pemantau dan pelaksana pesta demokrasi yang bermartabat.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kita berharap mahasiswa dapat melakukan pendidikan politik yang bermartabat karena pemilu adalah salah satu sarana membangun bangsa,” ungkap Fahrul.

Menurutnya, pemilu adalah tanggung jawab semua pihak untuk memilih pemimpin di setiap jenjang pemerintahan. Oleh karena itu ia menekankan semangat optimis untuk terlaksananya pemilu yang jujur, adil, dan demokratis.

“Kita harus membangun semangat optimisme, pemilu harus berlangsung jurdil dan demokratis, pemilu ini menjadi tanggung jawab kita untuk memilih pemimpin di setiap jenjang pemerintahan,” tambahnya

Turut hadir, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry, para Anggota Panwaslih Provinsi Aceh, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Banda Aceh dan Aceh Besar, para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa di lingkungan kampus setempat. [a]