Kepala madrasah dan tenaga pendidik MAN IC Bateng.

Kepala madrasah dan tenaga pendidik MAN IC Bateng.

Bangka Tengah (Pendis)—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) membuka kegiatan Olimpiade Insan Cendekia (Olimpic) Tingkat SMP/MTs se-Indonesia. Rangkaian berlangsung pada 28 Agustus—18 Septemper 2022 mulai dari sosialisasi, pendaftaran, hingga pengumuman pemenang.

Kegiatan yang digagas oleh Departemen Riset dan Teknologi (Ristek) Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN IC Bateng itu melombakan tiga bidang, yaitu matematika, IPA, dan IPS dengan mengusung tema “The Gifted Path of The Lost Wanderer.”

Pembina OSIM MAN IC Bateng, Wahyu Saputra mengatakan, hingga pendaftaran ditutup pada 10 September 2022, jumlah pendaftar Olimpic mencapai 504 peserta.

“Hingga hari penutupan pendaftaran, ada 504 pendaftar dari SMP dan MTs se-Indonesia. Bahkan, ketika hari penutupan, masih banyak yang mau mendaftar, tetapi panitia tidak memperpanjang waktu pendaftaran. Semua berjalan sesuai jadwal yang telah disosialisasikan sebelumnya,” jelas guru Matematika MAN IC Bateng itu.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan bahwa kegiatan Olimpic merupakan program tahunan OSIM MAN IC Bateng, “Olimpic ini merupakan program tahunan OSIM MAN IC Bateng. Namun, gelaran tingkat nasional baru dimulai sejak tahun 2022, sedangkan sebelumnya tingkat provinsi saja. Awalnya kegiatan ini dilaksanakan secara luring, tetapi sejak pandemi, kegiatan kita laksanakan secara daring,” urai lulusan Universitas PGRI Palembang.

Wakil Kepala MAN IC Bateng Bidang Kesiswaan, Dodi Saputra mengatakan, animo pelajar SMP/MTs mendaftarkan diri menjadi peserta Olimpic begitu tinggi. Hal tersebut tampak dari jumlah pendaftar yang melebihi target panitia.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pembina dan Pengurus OSIM MAN IC Bateng yang telah menyusun program yang luar biasa. Semoga Olimpic dapat berlangsung lancar dan menjadi wadah kompetisi bagi siswa SMP/MTs untuk menunjukkan bakat di bidang sains,” katanya saat mewakili kepala madrasah membuka Olimpic via zoom meeting, Kamis (15/09/2022).

Ia berharap, peserta Olimpic dapat mengikuti lomba dengan integritas dan semangat yang tinggi serta dapat mengerahkan kemampuan secara maksimal.

“Selamat berjuang kepada peserta Olimpic. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi dukungan sehingga Olimpic dapat terlaksana dengan baik, khususnya Komite Madrasah yang telah menjadi sponsor kegiatan, dan koordinator IT MAN IC Bateng yang telah mengembangkan aplikasi Ujian Olimpic,” urai guru kimia MAN IC Bateng

Secara terpisah, Kepala MAN IC Bateng, Musran memberi dukungan penuh terhadap kegiatan positif yang dirancang dan dilaksanakan oleh OSIM MAN IC Bateng.

“Program-program OSIM telah disusun matang dan didiskusikan bersama pembina dan wakil kepala madrasah sehingga dalam pelaksanaannya telah terjalin sinergitas yang solid antar semua warga MAN IC Bateng,” katanya yang dihubungi via telepon karena sedang mengikuti TOT Moderasi Beragama di Bogor.

Musran berharap kegiatan Olimpic dapat berjalan lancar dan menjadi program yang menunjukkan konstribusi MAN IC Bateng bagi dunia pendidikan.