Gelar Studium Generale Perdana, MAN IC OKI Hadirkan Profesor Lulusan Osaka University

Gelar Studium Generale Perdana, MAN IC OKI Hadirkan Profesor Lulusan Osaka University

Kayuagung (Pendis)-MAN Insan Cendekia OKI hadirkan Prof. Hermansyah, Guru Besar Universitas Sriwijaya lulusan S3 Osaka University pada Studium Generale di Auditorium Madrasah (14/10). Profesor Hermansyah sampaikan strategi raih beasiswa kuliah di Jepang kepada peserta didik MAN Insan Cendekia OKI. 

Studium Generale MAN Insan Cendekia OKI merupakan program inovasi berbentuk kuliah umum dengan narasumber orang tua/wali peserta didik. Orang tua/wali peserta didik dengan profesi, keilmuan, kepakaran, dan atau pengalamannya masing-masing berkesempatan menyampaikan kuliah umum bagi peserta didik. 

Kepala Madrasah, Hj. Komariah Hawa menjelaskan bahwa program ini merupakan inovasi madrasah untuk memberikan bekal soft skill dan motivasi bagi peserta didik dengan materi yang berbeda-beda dari orang tua tua/ wali yang dihadirkan. 

"Dengan keilmuannya, orang tua kita undang kasih kuliah umum. Ini inovasi kali pertama. Nanti setiap bulan, jadi SGM (Studium Generale Madrasah) series", ungkap Komariah. 

Komariah menyebutkan, SGM perdana sekaligus lauching digelar dengan langsung mengundang profesor Hermansyah yang diketahui memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. 

"Prof. Herman lulusan Osaka University, beliau kuliah di sana dengan 5 beasiswa sekaligus. Makanya kita undang beliau untuk berikan materi sukses kuliah di Jepang", tambah Komariah. 

Alumni MAN IC OKI di luar negeri saat ini tersebar di Amerika, Kanada, Mesir, Malaysia, Jerman, dan Tunisia. Hadirnya Prof. Herman tersebut diharapkan bisa memberikan motivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, termasuk di Jepang. 

Prof. Herman memberikan kuliah umum dengan judul "Kuliah di Jepang: Sttategi Kuliah dan Raih Beasiswa Luar Negeri bagi Siswa Madrasah". Beliau banyak menyampaikan strategi lolos seleksi beasiswa dan rahasia sukses menyelesaikan studi di Jepang. 

Diketahui, Prof. Hermansyah pernah meraih beasiswa MONBUKAGAKUSHO (MEXT scholarship), di Osaka University sejak tahun 2007 hingga selesai. Beliau juga mendapatkan 5 beasiswa lainnya dari Pemerintah Indonesia dan Swasta. 

Herman yang saat ini menjabat sebagai Dekan FMIPA Universitas Sriwjaya mengajak agar peserta didik mulai membuat schedule persiapan memburu beasiswa. Di antaranya yang perlu disiapkan, yaitu searching dan sharing, bahasa asing, prestasi, dan doa.


Tags: # madrasah