Serah Terima Mahasiswa KKN IAIN SAS Ke Pemda Bangka Selatan

Serah Terima Mahasiswa KKN IAIN SAS Ke Pemda Bangka Selatan

Bangka Selatan (Pendis)— Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) melepas mahasiswa yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama.

Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan menyatakan bahwa, KKN Moderasi Beragama ini adalah KKN yang dikirim ke pulau terluar bernama Lepar. Diharapkan, para mahasiswa disana menanamkan nilai-nilai moderasi beragama yang salama ini didapat saat berada di kampus.

“Kita bukan menerapkan moderasi agamanya, tetapi moderasi beragama. Beragama itu adalah cara pandang, sikap dan perilaku", ungkap Rektor IAIN SAS Babel dalam sambutannya, di Bangka Selatan, Selasa (14/09/2022)

Rektor, dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yang telah menerima Mahasiswa IAIN SAS Babel untuk melaksanakan KKN Moderasi Beragama.  Selain itu, Irawan juga berpesan kepada para mahasiswa untuk belajar dari dan bersama masyarakat, bukan menggurui masyarakat.

Seperti diketahui, bahwa para Mahasiswa KKN Ke-VII yang bertempat di Kabupaten Bangka Selatan berjumlah 769 peserta yang terbagi kedalam 40 kelompok dengan masing-masing satu Dosen Pembimbing Lapangan. Seluruh peserta KKN Moderasi Beragama ini akan disebar kedalam 40 desa/dusun di lima kecamatan, hingga Pulau Lepar.

Melalui KKN Moderasi Beragama ini, Rektor menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan pengabdian IAIN SAS yang bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk juga memperhatikan masyarakat secara luas dan menempatkan mahasiswa hinggan ke pulau terluar di Kabupaten Bangka Selatan, yaitu Pulau Lepar.

Sedangkan Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid menyambut baik kedatangan Rektor IAIN SAS Babel beserta dengan seluruh panitia KKN Moderasi Beragama dan ketua kelompok KKN di Kabupaten yang memiliki selogan Junjung Besaoh atau cerminan ikatan kekeluargaan dan persaudaraan masyarakat.

"Kami bersyukur Pak Rektor memilik wilayah kami untuk menempatkan mahasiswa KKN Moderasi Beragama di Kabupaten Bangka Selatan ini. Disinilah kita melihat bagaimana mengimplementasikanilmu yang sudah diperoleh dan kita berharap bagaimana mahasiswa memberikan inovasi dan motivasi agar ekonomi masyarakat bisa berputar", ungkap Bupati Bangka Selatan.

Mengenai Moderasi Beragama, Bupati berharap, peserta KKN dapat memberikan pemahaman mengenai Moderasi Beragama, seperti yang disampaikan pada sambutannya, "Dan saya harap adik-adik dapat memberikan pemahaman moderasi beragama versi adik-adik dan itulah yang sebenarnya di harapkan,” pungkas Bupati.

Untuk informasi, bahwa Rektor IAIN SAS dan Bupati Bangka Selatan mengadakan Pelepasan dan Serah Terima Mahasiswa KKN Moderasi Beragama IAIN SAS Babel kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. KKN Moderasi Beragama sendiri diketuai oleh Dr. Subri mengusung tema "Masyarakat Moderat, Masyarakat Madani".