Sosialisasi penelitian berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) tahun 2023 secara virtual.

Sosialisasi penelitian berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) tahun 2023 secara virtual.

Kota Langsa (Pendis) – Penelitian ilmiah menjadi salah satu upaya perguruan tinggi untuk mengembangkan ilmu – ilmu pengetahuan secara ilimiah. Demikian disampaikan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri saat membuka acara sosialisasi penelitian berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) tahun 2023 yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) secara virtual, Rabu (31/8/2022).

“Salah satu yang menjadi perhatian penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah penelitian, karena penelitian – penelitian yang dilahirkan oleh dosen akan menjadi teori –teori baru dan menjadi sumber ilmu pengetahuan,”ujar Rektor.

Rektor menjelaskan, undang – undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi menyebutkan bahwa, untuk menciptakan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi, disegala bidang diperlukan pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pegetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual yang peofesional, berbudaya, kreatif, toleran, dinamis, berkarakter tangguh serta berani membela kebenaran utuk kepentingan bangsa.

Guna menyahuti hal tersebut, sambung Rektor, diperlukan penguatan mutu dan keunggulan sumber daya manusia akan dilakukan dengan menyiapkan diri untuk menciptakan masyarakat yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan pendidikan.

“Dalam hal ini, peran perguruan tinggi sangat penting untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa, terutama tiga bidang yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,”imbuh Rektor.

Rektor juga menyebutkan, penelitian berbasis SBK ini dilaksanakan berdasarkan azas kompetensi, transparansi, akuntabel, profesional dan proporsional dengan melahirkan tema – tema prioritas diseluruh satuan kerja Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM IAIN Langsa Dr. Yenny Suzana, M. Pd menyebutkan, sosialisasi ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh 55 dosen. Selain itu, sosialisasi ini mengahdirkan sejumlah narasumber diantaranya, kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Diktis Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, Dr. Suwendi, M. Ag, Ketua LPPM UIN Salatiga Prof.Dr. H. Muhammad Irfan Helmy, Lc, MA, Wakil Direktur Pascasarjana UIN Mataram Prof. Muhammad Abdun Nasir, MA, Ph.D dan Dr. Muhammad Ansor, MA Sekretaris LPPM IAIN Langsa.